SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA

Yoananda Ramadina Ananti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran harus diselenggarakan berbasis aktivitas dengan karakteristik interaktif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis yang merupakan tuntutan pendidikan pada abad 21 ini, sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil observasi pada kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa terbilang rendah serta siswa mengalami kesulitan pada salah satu indikator berpikir kritis yaitu menganalisis, sehingga dilakukanlah penelitian dengan penerapan multimedia pembelajaran interaktif yang berbasis problem-based learning (PBL) pada pembelajaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan berpikir kritis siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem-based learning (PBL) pada materi sistem respirasi dan sistem ekskresi dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA. Penelitian  ini  dilakukan  di  SMA  Negeri 1 Turen pada bulan Februari sampai dengan Maret 2017. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonrandomized kontrol group pretest-posttest design dengan teknik  pengambilan  sampel purpossive sampling. Sampel yang digunakan yaitu siswa  kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 6 sebagai kelas  kontrol yang masing-masing diberi pretes dan posttes. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen perlakuan meliputi perangkat pembelajaran dan instrumen pengukuran meliputi tes berupa pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif dan esai untuk berpikir kritis materi sistem respirasi dan sistem ekskresi, serta non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan sintaks.

 

Analisis data tes hasil belajar kognitif mendapatkan nilai F hitung sebesar 18,375 dengan p-value = 0,000 < α (α = 0,05), sedangkan data tes berpikir kritis mendapatkan nilai F hitung sebesar 18,648 dengan p-value = 0,000 < α (α = 0,05). Kedua hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem-based learning (PBL) dalammeningkatkan hasil belajar kognitif dan berpikir kritis siswa kelasXI IPA SMA.