SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BOOKLET PREPARASI SIMPLISIA BAKUNG Hymenocallis littoralis (Jacq.) Salisb BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER HIDUP SEHAT UNTUK MASYARAKAT KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG

Nabilla Gezy Amaringga

Abstrak


ABSTRAK

 

Amaringga, N.G. 2017. Pengembangan Booklet Preparasi Simplisia Bakung Hymenocallis littoralis (Jacq.) Salisb Bermuatan Pendidikan Karakter Hidup Sehat Untuk Masyarakat Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Endah Indriwati, M.Pd., (II) Dr. Endang Suarsini, M. Ked.

 

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Booklet, Simplisia, Hymenocallis littoralis

Nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh masyarakat saat ini masih rendah, khususnya karakter dan perilaku hidup sehat yang belum mencapai target yang diharapkan oleh pemerintah. Perilaku hidup sehat dapat ditunjukkan dengan perilaku masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan berpotensi obat dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat di Kecamatan Wagir dalam kehidupannya jarang sekali memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan berpotensi obat, khususnya tumbuhan Bakung Hymenocallis littoralis (Jacq.) Salisb yang memiliki berbagai manfaat sebagai obat luar. Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlu adanya media yang digunakan sebagai sarana pendidikan karakter sehingga dapat menambah wawasan masyarakat serta membentuk nilai-nilai karakter yang baik pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Booklet preparasi simplisia bermuatan pendidikan karakter untuk masyarakat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Sasaran dari penelitian ini adalah masyarakat di  Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, dengan meliputi seluruh tahapannya. Pengambilan data dilakukan melalui lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta lembar angket respon kepada 15 masyarakat uji coba dan 30 masyarakat Desa Mendalanwangi Kecamatan Wagir sebagai sasaran implementasi produk Booklet untuk mengetahui 11 nilai karakter masyarakat. Analisis data menggunakan analisis skoring persentase perolehan nilai angket untuk mengetahui kualitas Booklet Preparasi Simplisia.

 

Hasil penilaian yang diperoleh dari  ahli materi adalah 92,3% (sangat valid), ahli media 98,8% (sangat valid), 15 masyarakat subjek  uji coba 90,43% (sangat baik). Nilai karakter religius mendapatkan skor tertinggi 95% sedangkan karakter mandiri mendapat skor terendah 80%. Perolehan nilai karakter rata-rata dari hasil implementasi 30 masyarakat adalah 89,3% (sangat baik). Hal tersebut menyimpulkan bahwa Booklet sangat baik dikembangkan dan layak digunakan sebagai media pendidikan karakter untuk masyarakat. Saran pemanfaatan produk lebih lanjut meliputi 1) adanya monitoring dari pihak ahli saat memberikan sosialisasi pemanfaatan Booklet 2) Booklet dapat digunakan sebagai inspirasi pembuatan simplisia berbagai tanaman obat lain. Saran diseminasi produk yaitu perlu adanya keterlibatan anggota PKK/perangkat desa dalam penyebarluasan Booklet. Saran pengembangan produk meliputi 1) perlu adanya kajian lebih lanjut tentang pemanfaatan Bakung sebagai obat 2) media perlu digabungkan dengan media lain seperti video, poster, dsb.