SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAKTERI UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA KELAS X MA AL MA'ARIF SINGOSARI-MALANG

Muhammad Fahrurrizal A

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizal, Muhammad Fahrur. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada 

Pembelajaran Bakteri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa 

Kelas X MA Al Ma’arif Singosari-Malang. Skripsi, Jurusan Biologi.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini, M.Ked, (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si.

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Bakteri

 

 Pendidikan abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana perkembangan teknologi sangat menunjang peningkatan pengetahuan (knowledge age) dan komunikasi, utamanya sains dan teknologi sebagai salah satu landasan penting dalam pembangunan bangsa. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas X MIPA 8 pada tanggal 21 November 2016 di MA Al Ma’arif Singosari dengan banyaknya jumlah siswa yaitu 48 siswa kelas X program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan guru Biologi kelas X menunjukkan bahwa 54,76% siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi bakteri dikarenakan materi yang banyak dan istilah yang sulit serta keterbatasan media seperti buku teks dan lembar kerja siswa yang cenderung membosankan. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada kompetensi mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan. Penelitian dan pengembangan menggunakan model sistem pembelajaran ADDIE terdiri dari lima tahap yakni analysis, design, develop, implement, evaluate. Data dan hasil analisis data yang telah diperoleh digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki media yang dikembangkan. Multimedia interaktif dapat membuat siswa lebih memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran yang dapat dilihat dari uji keefektifan multimedia interaktif yang menunjukkan nilai signifikansi (p) 0.000