SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 MAN Kota Batu

Fina Zakiyyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Zakiyyah, Fina. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 MAN Kota Batu. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Masjhudi, M. Pd, (2) Dra. Amy Tenzer, M. S.

 

Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, kemampuan komunikasi lisan, hasil belajar.

 

Berdasarkan hasil observasi di kelas X MIA 2 MAN Kota Batu pada tanggal 11 Januari 2017 diketahui bahwa siswa yang aktif berkomunikasi secara lisan hanya 30% dan ketuntasan belajar klasikal siswa hanya 36% pada materi bakteri. Kedua aspek tersebut menunjukkan persentase yang masih rendah, sehingga diperlukan alternatif model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa kelas X MIA 2 MAN Kota Batu melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Penelitian menggunakan materi Plantae yang terangkum dalam Kompetensi Dasar (KD) 3.7 dan materi Animalia yang terangkum dalam KD 3.8. Data yang dikumpulkan selama penelitian yaitu keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dari aspek guru dan siswa dengan instrumen lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dari aspek guru dan siswa, kemampuan komunikasi lisan siswa dengan instrumen lembar observasi kemampuan komunikasi lisan siswa, hasil belajar pengetahuan siswa dengan instrumen tes akhir siklus, dan hasil belajar sikap siswa dengan instrumen lembar observasi sikap siswa.Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kemampuan komunikasi lisan siswa berdasarkan hasil observasi rata-rata semua aspek meningkat dari 80,32% pada siklus I menjadi 88,07% pada siklus II dengan kriteria baik. Peningkatan hasil belajar aspek sikap siswa 88,67% pada siklus I menjadi 92,33% pada siklus II. Ketuntasan klasikal aspekpengetahuan siswa pada siklus I mecapai persentase 72,22% dengan rerata nilai siswa 77,64 dan meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan rerata nilai siswa 86,97. Kesimpulan dari penelitian yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa aspekpengetahuan dan sikap pada kelas X MIA 2 MAN Kota Batu. Saran dari penelitian antara lain untuk melengkapi hasil belajar dengan hasil belajar aspek keterampilan, menuliskan daftar pertanyaan yang diajukan siswa, melakukan pre test-post test, dan menerapkan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan kompetensi abad 21 yang lain.