SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BOOKLET BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PREPARASI SIMPLISIA PURING (Codiaeum variegatum L. Blume) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA MA MAMBAUL ULUM KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG

Rosita Ariyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Ariyanti, Rosita. 2017. Pengembangan Booklet Bermuatan Pendidikan Karakter Melalui Preparasi Simplisia Puring (Codiaeum variegatum L. Blume) sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa MA Mambaul Ulum Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S  (II) Agung Witjoro, S.Pd, M.Kes

 

Kata kunci: Booklet, pendidikan karakter, simplisia, Puring (Codiaeum variegatum L. Blume).

Kurikulum 2013 sangat menekankan pendidikan karakter untuk membentuk pribadi yang unggul. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pendidikan karakter siswa masih perlu ditingkatkan termasuk di MA Mambaul Ulum Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Implementasi nilai karakter dapat diambil dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dengan pemanfaatan tanaman obat sebagai sarana membentuk karakter hidup bersih dan sehat. Puring adalah tanaman yang cukup melimpah di daerah Tumpang dan berpotensi sebagai obat. Penggunaan Puring sebagai tanaman obat lebih efektif apabila dijadikan simplisia karena lebih efisien dan tahan lama. Preparasi simplisia Puring masih belum banyak diketahui oleh masyarakat dan siswa oleh karena itu masih perlu adanya sosialisasi mengenai preparasi simplisia Puring.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan booklet bermuatan pendidikan karakter yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa MA Mambaul Ulum. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan : (1) Analyze/Analisis, (2) Design/ Desain, (3) Development/Pengembangan, (4) Implement/Implementasi, dan       (5) Evaluate/Evaluasi. Booklet di validasi oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 1 praktisi lapangan dan diujicoba pada 14 siswa.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet  dinyatakan valid atau layak digunakan dengan hasil perhitungan ahli materi 95,21%, ahli media 95,9375%, praktisi lapangan 86,25%, hasil uji coba menunjukkan keterbacaan booklet 87,5% artinya booklet sangat sesuai/sangat tepat digunakan dan sangat mudah dipahami bahasanya sehingga mampu menyampaikan pesan/informasi dengan baik. Analisis data hasil uji coba juga  menunjukkan keefektifan booklet sebesar 84,07% dengan jabaran karakter rasa ingin tahu siswa (86,31%), peduli lingkungan (92,26%), tanggung jawab (88,69%), mandiri (83,33%), toleransi (92,86%), peduli sosial (80,95%) dan religius (95,54%) masuk dalam kategori rentangan sangat baik, sedangkan karakter kerja keras (78,77%), disiplin (76,19%), kreatif (71,43%), dan jujur (79,76%) masuk dalam kategori rentangan baik. Secara keseluruhan nilai karakter yang ditanamkan melalui booklet sudah baik dan merata pada semua karakter dan hal tersebut menunjukkan bahwa booklet dapat digunakan sebagai media untuk menanamkan karakter pada siswa.