SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi dan Uji Kemampuan Hidrolisis Lemak Pada Bakteri Lipolitik yang Diisolasi dari Wadi

Mirza yanuar Rizky

Abstrak


ABSTRAK

 

Wadi merupakan produk fermentasi ikan khas Suku Dayak di Kalimantan Tengah. Proses fermentasi dilakukan dengan penambahan garam dan lumu dari berbagai macam beras yang disangrai sehingga dapat menambah masa simpan ikan. Selama proses pemeraman, terdapat mikroflora yang berasal dari ikan, serta mikroflora dari lumu yang dapat membantu proses fermentasi. Terdapat beberapa spesies bakteri yang berperan dalam proses fermentasi wadi memiliki kemampuan menghidrolisis senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana, salah satu diantaranya ialah bakteri lipolitik yang mampu menghidrolisis lemak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi spesies-spesies bakteri lipolitik yang terdapat dalam wadi dan (2) menentukanIndeks hidrolisis lemak pada spesies-spesies bakteri lipolitik dalam wadi, serta (3) menentukan spesies bakteri lipolitik yang mempunyai kemampuan menghidrolisis lemak tertinggi berdasarkan Indeks hidrolisis lemak.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2017 di Laboratorium Mikrobiologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wadi yang telah difermentasi selama 22 hari. Media yang digunakan dalam seleksi bakteri lipolitik adalah media Nutrient Agar + lemak yang dimodifikasi menggunakan minyak zaitun dan Tween-80. Indeks hidrolisis lemak ditentukan berdasarkan hasil bagi antara diameter zona bening di sekitar koloni bakteri dengan diameter koloni bakteri yang telah diinkubasi pada suhu 370C selama 2 x 24 jam.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat empat spesies bakteri lipolitik yang terdapat pada wadi, yaitu Lactobacillus coryniformis, Lactobacillus casei, Nitrococcus mobilis dan Streptococcus lactis; (2) keempat spesies bakteri lipolitik mempunyai Indeks hidrolisis lemak yang berbeda satu sama lain, yaitu: Lactobacillus coryniformis memiliki Indeks hidrolisis lemak sebesar 1,63; Lactobacillus casei sebesar 1,94; Streptococcus lactis sebesar 1,51 dan Nitrococcus mobilis sebesar 0,98; (3) Lactobacillus casei memiliki kemampuan menghidrolisis lemak tertinggi berdasarkan Indeks hidrolisis lemak sebesar 1,94.