SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Poster Bermuatan Pendidikan Karakter Melalui Uji Antibakteri Bunga Soka (Ixora paludosa (Bl.) Kurz.) Sebagai Media Sosialisasi Pada Masyarakat Kecamatan Bantur Kabupaten Malang

Nanik Yuliyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuliyanti, Nanik. 2017. Pengembangan Poster Bermuatan Pendidikan Karakter Melalui Uji Antibakteri Bunga Soka (Ixora paludosa (Bl.) Kurz.) Sebagai Media Sosialisasi Pada Masyarakat Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Suarsini, M.Ked, (II) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S.

 

Kata Kunci: poster, pendidikan karakter, uji antibakteri, Ixora paludosa (Bl.) Kurz.

 

Nilai karakter pada masyarakat khususnya perilaku hidup sehat masih tergolong rendah. Salah satu perilaku hidup sehat pada masyarakat ditunjukkan melalui pemanfaatan tanaman sekitar yang berpotensi sebagai obat. Masyarakat Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang dalam kehidupan sehari-hari jarang sekali memanfaatkan tanaman sekitar yang berpotensi sebagai obat, khususnya tanaman Soka (Ixora paludosa (Bl.) Kurz.) yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlu adanya media sosialisasi pada masyarakat yang bermuatan pendidikan karakter untuk menambah pengetahuan serta dapat membentuk nilai-nilai karakter yang baik pada masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan poster sebagai media sosialisasi pendidikan karakter melalui uji antibakteri bunga soka (Ixora paludosa (Bl.) Kurz.) pada masyarakat Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Metode penelitian dan pengembangan berdasarkan eksperimen di laboratorium dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Branch, 2009), yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Uji kelayakan poster dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Uji keterbacaan dari hasil angket respon masyarakat terhadap poster. Uji keefektifan dari hasil angket nilai pendidikan karakter masyarakat. Data yang didapatkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari komentar dan saran yang diberikan oleh para validator dan subjek coba. Data kuantitatif dari skor skala pada angket validasi dan uji coba.

Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan persentase hasil validasi produk oleh ahli materi sebesar 100% (sangat valid), sedangkan oleh ahli media sebesar 92,67% (sangat valid). Hasil uji keterbacaan pada 15 subjek coba sebesar 83,67% (sangat tepat digunakan). Uji keefektifan poster didapatkan hasil bahwa nilai karakter tertinggi yaitu religius (96,7%), sedangkan nilai terendah yaitu ingin tahu (70,8%). Rerata nilai karakter pada 30 subjek coba sebesar 83,07% (sangat tinggi). Hal tersebut menunjukkan bahwa poster sangat baik dikembangkan dan layak digunakan sebagai media sosialisasi pendidikan karakter. Saran pemanfaatan produk meliputi 1) penggunaan poster sebagai media sosialisasi tidak terbatas hanya untuk masyarakat Kec. Bantur, Kab. Malang, 2) adanya monitoring dari pihak ahli dalam sosialisasi poster. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu media perlu digabungkan dengan media booklet, video, atau media yang lain supaya lebih menarik.