SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan LKS Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMA

adelima dyah kartika

Abstrak


ABSTRAK

 

Kartika, Adelima Dyah. 2017. Pengembangan LKS Pembelajaran Biologi  Model Problem Based Learning Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup untuk Siswa Kelas X SMA. Jurusan Biologi, Progam Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Amy Tenzer, M.S. (2) Frida Kunti Setiowati, S.T, M.Si.

 

Kata Kunci:  pengembangan LKS, problem based learning, pendidikan karakter, perubahan dan pelestarian lingkungan hidupBerdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi kelas X di SMAN 1 Kedungwaru-Tulungagung tanggal 15 November 2016, menunjukkan bahwa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup, guru mengalami kesulitan dalam memunculkan suatu permasalahan di kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk mendorong siswa lebih aktif. Kurikulum 2013 sudah memuat pendidikan karakter, namun penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran di kelas X-12 belum optimal, untuk itu perlu adanya pengembangan LKS pembelajaran biologi model problem based learning yang bermuatan pendidikan karakter pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu mengembangkan LKS biologi SMA kelas X pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup melalui model pembelajaran PBL bermuatan pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan (1974), namun hanya dilakukan sampai tahap Develop. Hasil penelitian ini berupa LKS yang bermuatan pendidikan karakter. Data hasil uji coba yang diperoleh dalam penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi LKS, skor uji kepraktisan, dan skor hasil keefektifan siswa. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari validator dan siswa. Uji coba perangkat pembelajaran dilakukan di kelas X-12 SMAN 1 Kedungwaru-Tulungagung dengan siswa sejumlah 42 siswa. Uji coba LKS ini juga digunakan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan LKS yang dikembangkan.

 

Hasil validasi LKS yang dikembangkan menunjukkan kriteria sangat valid. Secara rinci hasil validasi LKS berupa validasi oleh ahli materi, ahli bahan ajar, dan praktisi lapangan secara berturut-turut menunjukkan persentase 100%. Hasil uji kepraktisan LKS yang bermuatan pendidikan karakter melalui angket respon siswa menunjukkan persentase 86.77% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji pendidikan karakter melalui lembar observasi menunjukkan persentase 95.45% serta hasil uji pendidikan karakter melalui angket menunjukkan persentase 88.73%. Hasil uji keefektifan yang dilihat dari ketuntasan belajar klasikal aspek pengetahuan mencapai nilai 100%, sehingga LKS yang dikembangkan memperoleh kriteria efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.