SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KOMPETENSI DASAR 3.1, 3.2, 3.3, 4.1, 4.2, & 4.3 KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG

Wawan Yuliati Ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasil wawancara dengan guru biologi di SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, soal yang digunakan ulangan harian disusun sendiri oleh guru dan belum dilakukan analisis validasi logis dan analisis butir soal ulangan harian kelas X. Hasil wawancara didukung dengan melihat kesesuaian antara indikator dan tujuan pembelajaran yang dibuat oleh guru pada Kompetensi Dasar (KD) 3.1, 3.2, 3.3, 4.1, 4.2, dan 4.3 pada RPP jumlah penjabaran KD menjadi indikator dan tujuan pembelajaran belum diturunkan menjadi indikator soal sehingga jumlah soal yang dibuat oleh guru tidak sesuai dengan jumlah indikator dan tujuan pembelajaran. Artinya soal yang disusun oleh guru belum memenuhi validitas konstruk.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rumusan soal pilihan ganda jawaban tunggal dan asesmen kinerja dari KD 3.1, 3.2, 3.3, 4.1, 4.2, dan, 4.3, mengetahui validitas logis dan validitas empiris soal pilihan ganda jawaban tunggal KD 3.1, 3.2, dan 3.3, mengetahui validitas logis asesmen kinerja yang dibuat dari KD 4.1, 4.2, dan, 4.3. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian R & D menurut Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahap.Uji coba lapangan awal dilakukan pada 12 siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiya 1 Kota Malang dan uji coba lapangan produk utama dilakukan pada 38 sisa kelas X MIPA SMA Muhammadiya 1 Kota Malang.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal pilihan ganda jawaban tunggal pada uji coba lapangan awal memiliki tingkat kesukaran soal mudah;22,5%, sedang; 47,5%, sukar, 30% soal berdaya beda negatif;7,5%, jelek;2,5%, cukup 25%, baik 27,5% dan baik sekali 37,5%. Analisis pengecoh didapatkan berfungsi sebanyak 55%. Uji coba lapangan produk utama tingkat kesukaran soal pilihan ganda jawaban tunggal pada uji coba lapangan awal memiliki tingkat kesukaran soal mudah;20%, sedang; 50%, sukar, 30% soal berdaya beda negatif;0%, jelek;5%, cukup 7,5%, baik 40% dan baik sekali 47,5%. Reliabilitas soal 9,00 artinya reliabilitanya tinggi. Analisis pengecoh 75% berfungsi. Saran yang dapat diberikan yaitu setelah guru menggunakan instrumen evaluasi (soal pilihan ganda jawaban tunggal) guru mata pelajaran Biologi harus melakukan validasi empiris serta analisis pengecoh hal ini diharapkan terus memperbaiki kualitas soal.Sebelum produk di desiminasikan disarankan untuk melakukan tahap ini uji  coba lapangan secara luas (Operational Field Testing), atau langkah ke 8 dari model pengembangan borg and gall yang belum dilakukan dalam penelitian ini.