SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesesuaian Perangkat dan Pelaksanaan Pembelajaran Biologi SMA Kelas X Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kabupaten Madiun Jawa Timur.

Sasty Alvionita.

Abstrak


Salah satu hal yang menentukan kesuksesan Kurikulum 2013 yakni kreativitas guru. Hal ini dapat diartikan bahwa guru memegang peranan penting dalam kesuksesan Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara Guru Biologi SMAN 1 Geger mengungkapkan tidak menemui kesulitan namun pada studi pendahuluan faktanya nilai RPP salah satu materi Jamur masih kurang baik. Guru Biologi SMAN 2 Mejayan mengungkapkan ada kesulitan dalam mengembangkan komponen RPP. Beragamnya pelaksanaan Kurikulum 2013 menunjukkan perlunya evaluasi sebagai bentuk usaha sadar untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kesesuaian antara komponen perangkat pembelajaran, pengembangan isi perangkat pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran Biologi SMA kelas X berdasarkan Kurikulum 2013. Subjek penelitian adalah Guru Biologi kelas X SMAN 1 Geger dan SMAN 2 Mejayan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, dan LKS, observasi pelaksanaan pembelajaran pada KD 3.8 dan 3.9, serta wawancara dengan Guru Biologi Kelas X dari SMAN 1 Geger dan SMAN 2 Mejayan kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian pengembangan isi perangkat pembelajaran Biologi SMAN 1 berdasarkan Kurikulum 2013 memperoleh kriteria “Kurang Sesuai”, dan kesesuaian pengembangan isi perangkat pembelajaran Biologi SMAN 2 Mejayan berdasarkan Kurikulum 2013  memperoleh kriteria “Kurang Sesuai”. Kesesuaian pelaksanaan pembelajaraan Biologi SMAN 1 Geger berdasarkan Kurikulum 2013 memperoleh kriteria “Sangat Kurang” dan kesesuaian pelaksanaan pembelajaraan SMAN 2 Mejayan berdasarkan Kurikulum 2013 memperoleh kriteria “Sangat Kurang”.