SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Gasal Biologi Kelas X dan XI Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMAN 1 Kampak Berdasarkan Teori Tes Klasik

Charinda Bella Ramadhiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhiana, Charinda Bella. 2017. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Gasal Biologi Kelas X dan XI Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMAN 1 Kampak Berdasarkan Teori Tes Klasik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)

Dra. Sunarmi, M.Pd., (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd.

Kata Kunci: Analisis butir soal, Ulangan Akhir Semester, Teori Tes Klasik,

ITEMAN

Analisis butir soal bermanfaat untuk mengidentifikasi butir soal yang kurang baik dan memperoleh informasi untuk penyempurnaan soal. Analisis butir soal UAS Biologi di SMAN 1 Kampak tahun 2016/2017 belum dilakukan. Analisis butir soal pernah dilakukan secara manual pada tahun 2015/2016, meliputi: tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh, namun analisis terhadap materi (validitas isi), konstruksi, bahasa dan reliabilitas belum dilakukan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kualitatif dan kuantitatif butir soal, serta perbaikan dan kesesuaian butir soal dengan indikator UAS gasal Biologi kelas X dan XI di SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2016/2017.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi: validitas isi (materi), validitas konstruk (konstruksi), dan bahasa yang dibandingkan dengan instrumen penelitian kualitatif. Butir soal yang tidak memenuhi aspek kualitatif akan dilakukan perbaikan. Analisis data kuantitatif meliputi: tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan program ITEMAN (Item and Test Analysis) versi 3.0.

 

Hasil penelitian menunjukkan validitas isi butir soal UAS kelas X dan XI sebesar 87,5% dan 85,83%. Persentase validitas konstruk butir soal kelas X dan XI sebesar 95,71% dan 84,29%. Persentase validitas bahasa butir soal kelas X dan XI sebesar 89,16% dan 91,67%. Persentase butir soal sukar di kelas X lebih besar daripada butir soal sedang dan mudah. Persentase butir soal sedang di kelas XI lebih besar daripada butir soal sukar dan mudah, namun tidak mencapai 50%, sehingga proporsi soal tidak sesuai. Daya beda butir soal kelas X dan XI yang berkriteria sangat buruk dan buruk lebih dari atau sama dengan 50%. Efektivitas pengecoh butir soal kelas X yang berkriteria sangat baik dan baik sebesar 70%, sedangkan butir soal kelas XI sebesar 20%. Reliabilitas soal UAS kelas X termasuk kriteria cukup, sedangkan soal kelas XI termasuk kriteria rendah. Setelah dilakukan analisis butir soal UAS gasal Biologi kelas X dan XI di SMAN 1 Kampak, maka disarankan untuk: 1) melakukan telaah kembali mengenai kesesuaian indikator dengan kompetensi dasar, 2) melakukan analisis kualitatif sebelum soal diujikan, dan 3) melakukan analisis kuantitatif setelah soal diujikan.