SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MICROBIAL-COMPOSTING DENGAN MENGGUNAKAN STARTER DARI BONGGOL PISANG UNTUK MENGOLAH SAMPAH BASAH DALAM MENDUKUNG PROGRAM KRPL DI DESA KEDUNGSIGIT KARANGAN TRENGGALEK

Devy Widyatama Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Devy Widyatama. 2017. Pengembangan Buku Panduan Microbial-composting dengan Menggunakan Starter dari Bonggol Pisang untuk Mengolah Sampah Basah dalam Mendukung Program KRPL di Desa Kedungsigit, Karangan, Trenggalek. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S. (2) Agung Witjoro S.Pd, M.Kes.

 

Kata Kunci: buku panduan microbial-composting, starter bonggol pisang, sampah basah, program KRPL

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan salah satu program pemerintah yang memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan berkelajutan untuk mewujudkan kemandirian pangan keluarga. Salah satu program KRPL adalah pengelolaan sampah basah menjadi kompos. Program KRPL ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, namun media informasi sebagai sumber belajar masyarakat masih belum ada. Berdasarkan adanya masalah tersebut perlu dilakukan pengembangan buku panduan microbial-composting dengan menggunakan starter dari bonggol pisang untuk mengolah sampah basah menjadi kompos dalam mendukung program KRPL. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan dan menguji produk buku panduan microbial-composting. Uji produk buku panduan microbial-composting terdiri atas uji kevalidan dan uji kepraktisan. Produk penelitian pengembangan ini diujicobakan kepada 20 masyarakat Desa Kedungsigit, Karangan, Trenggalek.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Jenis data yang terdapat dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor hasil uji validasi dan skor hasil uji kepraktisan. Data kualitatif berupa saran, komentar, dan tanggapan dari validator serta responden. Analisis data dilakukan untuk mengetahui persentase tingkat kevalidan dan kepraktisan buku panduan microbial-composting.

 

Produk pengembangan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi lapangan. Hasil analisis validasi buku panduan microbial-composting dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 95,49%, ahli media diperoleh persentase sebesar 94,83%, dan ahli praktisi lapangan diperoleh persentase sebesar 89,72% dengan kategori valid. Hasil analisis kepraktisan buku panduan microbial-composting setelah diimplementasikan diperoleh rerata persentase kepraktisan sebesar 85,8% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil uji produk buku panduan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa buku panduan memiliki kategori valid dan praktis, sehingga buku panduan ini disarankan bahwa perlu didiseminasikan lebih luas sehingga dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak.