SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS, KETERAMPILAN KOMUNIKASI, DAN KOLABORASI SISWA KELAS XI MATERI SISTEM EKSKRESI DAN KOORDINASI DI SMAN 9 MALANG

imroatun hasana

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian literasi sains, komunikasi, dan kolaborasi yang valid (validitas logis) dan reliabel pada materi Sistem Ekskresi dan Koordinasi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa tes, nontes, dan perangkat pembelajaran. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 33 siswa kelas XI MIPA B di SMAN 9 Malang. Aspek yang diukur pada penelitian dan pengembangan ini yaitu kelayakan dari validator, kepraktisan dari pengguna instrumen, dan keefektivan dari peningkatan kemampuan literasi sains, komunikasi, dan kolaborasi. Hasil penelitian adalah: aspek kelayakan instrumen tes oleh validator dinyatakan valid dan setelah diuji coba diketahui reliabilitas soal untuk materi Sistem Ekskresi cukup reliabel (α = 0,547) sedangkan untuk materi Sistem Koordinasi reliabel (α = 0,672). Aspek kepraktisan dari hasil uji keterbacaan dan implementasi dinyatakan praktis. Sedangkan aspek keefektifan dari peningkatan kemampuan literasi sains (Zhit = 5,025), keterampilan komunikasi (Zhit = 5,047) dan kolaborasi (Zhit =4,889) dinyatakan ada pengaruh penerapan instrumen penilaian untuk meningkatkan kemampuan literasi sains, keterampilan komunikasi, dan kolaborasi.