SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu dengan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lintas Minat Biologi SMAN 2 Malang

Aqidatul Izza

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Lintas Minat SMAN 2 Malang mata pelajaran Biologi  melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Penelitian terdiri dari 3 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada materi Animalia dan Ekosistem. Subjek penelitian yaitu 34 siswa kelas X Lintas Minat yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Hasil belajar yang diukur pada penelitian ini adalah hasil belajar kognitif dan psikomotor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes dilakukan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Teknik non tes dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan kinerja proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL oleh guru pada siklus I hingga siklus III berturut-turut adalah 85%, 88%, dan 100% dengan kriteria sangat baik. Keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL oleh siswa pada siklus I hingga siklus III berturut-turut adalah 80% dengan kriteria baik,  88%, dan 100% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 71% pada siklus I, 79% pada siklus II, dan 88% pada siklus III dengan peningkatan dari siklus I-III sebesar 17%. Hasil belajar psikomotor siswa berupa kinerja proyek melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 76% pada siklus I, 82% pada siklus II, dan 88% pada siklus III dengan peningkatan dari siklus I-III sebesar 12%.