SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada Materi Stoikiometri terhadap Hasil Belajar Termokimia dan Upaya Menguranginya dengan Metode Pemecahan Masalah

Zakiyah . .

Abstrak


ABSTRAK

 

Zakiyah. 2017. Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada Materi Stoikiometri terhadap Hasil Belajar Termokimia dan Upaya Menguranginya dengan Metode Pemecahan Masalah. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D., Pembimbing (II) Prof. Dr. H Subandi, M.Si.

 

Kata kunci: stoikiometri, termokimia, pemecahan masalah, hasil belajar siswa

Pemahaman siswa terhadap konsep dasar Kima memiliki peranan penting dalam menentukan hasil belajar mereka pada konsep yang tingkatannya lebih tinggi. Siswa merasa kesulitan dalam memahami materi termokimia karena mereka mengalami kesulitan pemahaman pada materi stoikiometri. Permasalahan ini kemungkinan besar akan berdampak kepada hasil belajar siswa pada materi termokimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kesulitan konsep apa saja yang dialami siswa dalam memahami stoikiometri, 2) pengaruh kesulitan stoikiometri yang dialami siswa terhadap hasil belajar pada materi termokimia, serta 3) pengaruh pemberian strategi pengajaran remidi dengan menggunakan metode pemecahan masalah pada pembelajaran materi stoikiometri atau termokimia terhadap hasil belajar termokimia.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan quasi experimental design. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pamekasan tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 66 siswa, yang terdiri dari 33 siswa di kelas eksperimen 1 dan 33 siswa di kelas eksperimen 2. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode tes (pretest dan posttest) menggunakan tes pilihan ganda dengan nilai validitas soal sebesar 97% (soal stoikiometri) dan 93 % (soal termokimia), serta nilai reliabilitas soal sebesar 0,531 (soal stoikiometri) dan 0,597 (soal termokimia). Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dengan taraf signifikansi (α) = 0,05, sedangkan teknik analisis deskriptif untuk menjelaskan kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam memahami materi stoikiometri.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) beberapa sub materi stoikiometri yang dianggap sulit oleh siswa adalah persamaan reaksi, konsep mol, dan perhitungan dalam persamaan reaksi; (2) dari kesulitan siswa dalam memahami materi stoikiometri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi termokimia; (3) pemberian strategi pembelajaran remidi dengan menggunakan metode pemecahan masalah pada pembelajaran materi stoikiometri maupun termokimia berpengaruh terhadap hasil belajar termokimia; serta (4) strategi pembelajaran remidi dengan metode pemecahan masalah pada materi stoikiometri cenderung lebih efektif dibanding strategi pembelajaran remidi dengan metode pemecahan masalah pada materi termokimia, dimana nilai rata-rata termokimia siswa yang mendapatkan pengajaran remidi materi stoikiometri ialah 84,33 dan untuk siswa yang mendapatkan pengajaran remidi materi termokimia ialah 79,65.