SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 2 Malang

Shinta Kumalasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Kumalasari, Shinta. 2017. Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Suarsini, M. Ked, (II) Nuning Wulandari, S.Si, M.Si.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Multimedia Pembelajaran Interaktif

Penggunaan multimedia interaktif tidak lepas pada pemilihan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang paling sesuai adalah model pembelajaran yang berbasis konstruktivis yaitu inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil kegiatan observasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kelas XI  SMA Negeri 2 Malang pada tanggal 21 dan 23 Januari 2017, bahwa guru menggunakan media PPT dengan metode ceramah, diskusi, dan model pembelajaran inkuiri. Penggunaan metode tersebut masih belum cukup memfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan proses berpikir logis dan berfokus pada pengambilan keputusan. Terbukti dari hasil belajar siswa yang masih rendah yaitu 80% masih belum memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan multimedia pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing.

Metode penelitian ini merupakan Quasy Experiment. Populasi meliputi 5 kelas XI IPA SMA Negeri 2 Malang dengan sampel kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Pengambilan sampel ini dilakukan secara purposive sampling. Penelitian dilakukan selama bulan Februari 2017. Instrumen pada penelitian ini berupa soal tes yang dapat mengukur hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Soal tes terdiri dari soal pretes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan, dan soal postes digunakan untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan yang diberikan. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan analisis kovarian (Anakova) dengan taraf signifikan 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Perhitungan Anakova menunjukkan p-value untuk hasil belajar kognitif adalah 0,000 dan p-value untuk kemampuan berpikir kritis adalah 0,000. Nilai rata-rata pretes dan postes hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen sebesar 55,97 dan 83,97, besarnya peningkatan adalah 28. Sedangkan nilai rata-rata pretes dan postes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 45,61 dan 80,45, besarnya peningkatan adalah 34,84. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang.