SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Instagram Terhadap Literasi Lingkungan dan Hasil Belajar Kognitif

Sintya Yuliandini

Abstrak


ABSTRAK

Yuliandini, Sintya. 2017. Pengaruh Project-Based Learning berbantuan Instagram Terhadap Literasi Lingkungan dan Hasil Belajar Kognitif, Skripsi, Jurusan Biologi, Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si., (II) Dr. Sueb, M.Kes.

 

Kata Kunci: literasi lingkungan, hasil belajar kognitif, ekologi, perubahan dan pelestarian lingkungan, project-based learning, instagram

 

Literasi lingkungan adalah kemampuan individu untuk memahami dan peduli terhadap kondisi lingkungan, serta mengambil tindakan dalam upaya penyelesaian masalah lingkungan. Literasi lingkungan memiliki tujuan untuk memberi pengetahuan lingkungan kepada masyarakat dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang ada agar menghindari kerusakan lingkungan. Salah satu contoh kerusakan lingkungan yaitu pada tahun 2016, 50 persen atau separuh Kota Batu telah mengalami kerusakan lingkungan. Dari 11.227 hektar luasan hutan, 5.900 hektar telah rusak.Dari 111 sumber mata air yang tercatat, kini tinggal 57 sumber mata air. Sekarang ini, manusia merupakan faktor penyebab yang sangat signifikan pada peristiwa perusakan lingkungan.Sebagai upaya untuk menangani permasalahan lingkungan, dibutuhkan partisipasi dari semua pihak, khususnya generasi muda penerus bangsa.Salah satu cara untuk menanamkan kepedulian lingkungan yang baik yaitu melalui pendidikan lingkungan. Dalam belajar mengenai lingkungan diperlukan pemahaman konsep pada siswa. Pemahaman konsep ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil nilai rapor semester 1 kelas X MIPA menunjukkan reratanilai siswa masih sesuai KKM atau hanya sedikit diatas KKM yaitu antara 70 hingga 75. Untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif tersebut, diperlukan model pembelajaran yang menunjang, salah satunya yaitu model Project-Based Learning (PjBL) yang dibantu dengan media pembelajaran berupa jejaring sosial Instagram.

Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan embedded design. Penelitian ini dilaksanakan bulan Maret-April 2017 pada kelas X MIPA 1dan X MIPA 4 SMA Negeri 1 Batu. Instrumen menggunakan soal tes literasi lingkungan yang juga digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dengan reliabilitas sebesar 0,769 (sangat tinggi). Analisis data yang digunakan terdiri atas analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis data kuantitatif melalui uji statistika uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis anakova, dan effect size. Sedangkan analisis data secara kualitatif dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman.

Simpulan penelitian ini yaitu ada perbedaan literasi lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa yang mendapatkan PjBL berbantuan instagram dan PjBL dengan kovariat (pretes) tidak berpengaruh terhadap literasi lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil ini diperkuat effect size sebesar 3,04 pada kelas eksperimen dan 2,62 pada kelas kontrol yang menyatakan bahwa PjBL berbantuan instagram dan PjBL secara signifikan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan literasi lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa. Simpulan ini didukung pula oleh analisis kualitatif dari hasil diskusi pada instagram, angket, dan wawancara yaitu perlakuan PjBL berbantuan instagram berpengaruh terhadap literasi lingkungan siswa hasil belajar kognitif siswa.