SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Biologi Materi Transport Membran untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Panjura

Hatta Fauzia

Abstrak


Kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh sumber belajar. Sumber belajar yang kurang baik dapat menimbulkan miskonsepsi. Modul yang dilengkapi dengan aktivitas laboratoris dan aplikasi konsep dapat menjadi salah satu alternatif sumber belajar untuk mengatasi miskonsepsi. Pengembangan modul biologi materi Transport Membran menggunakan model product oriented. Langkah pengembangan menggunakan 4D(Thiagarajan) dengan meninggalkan tahap ke empat (disseminate) karena keterbatasan biaya untuk penyebarluasan. Penilaian modul dilakukan melalui validasi oleh dosen Biologi FMIPA UM untuk mengetahui kelayakan modul dan uji coba terbatas oleh siswa kelas XI SMA Panjura untuk mengetahui respon siswa sebagai pengguna modul. Data hasil validasi dan uji coba dianalisis, kemudian dilakukan penentuan kriteria kevalidannya. Paket modul biologi materi Transport Membran terdiri atas Petunjuk Guru, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan Lembar Kerja (LK), Kunci Lembar Kerja (KLK), Lembar Tes (LT) dan Lembar Jawaban Tes (LJT). Hasil validasi dan uji coba terbatas menunjukkan bahwa berbagai aspek dalam modul termasuk dalam kategori valid-sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa modul layak untuk digunakan.