SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran KooperatifThink Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Kelas XI MIPA 6 MAN 3 Malang

Putri Rama Malini

Abstrak


ABSTRAK

 

Malini, Putri Rama. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Kelas XI MIPA 6 MAN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dahlia, M.S., (II) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si.

 

Kata Kunci:  Think Talk Write (TTW), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Berpikir kritis dalam pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan proses dan hasil belajar. Hasil observasi selama KPL pada bulan September-Oktober dan wawancara dengan guru Biologi di kelas XI MIPA 6 MAN 3 Malang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah sehingga hasil belajar menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA 6 MAN 3 Malang melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu planning (perencanaan tindakan), acting (pelaksanaan tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Data penelitian diperoleh dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran, catatan lapangan, tes akhir siklus, lembar observasi afektif, dan lembar penilaian psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 10,36% dari siklus I 77,0% menjadi 87,36% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 22,2% dari siklus I sebesar 66,7% menjadi 88,9% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar afektif siswa sebesar 3,7% dari siklus I sebesar 85,2% menjadi 88,9% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar psikomotor siswa untuk laporan praktikum sebesar 18,5% dari siklus I sebesar 81,5% menjadi 100% pada siklus II, sedangkan untuk analisis artikel  sebesar 14,8% dari siklus I sebesar 85,2% menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif TTW dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa yang meliputi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor. Saran penerapan model pembelajaran TTW sebaiknya (1) mempertimbangkan alokasi waktu, (2) dikombinasikan dengan media pembelajaran yang inovatif .