SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Discovery Learning dipadu Think Pair Share dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis serta Hasil Belajar Kognitif Siswa

Sovi Makhmudah

Abstrak


ABSTRAK

 

Makhmudah, Sovi. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Discovery Learning dipadu Think Pair Share dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis serta Hasil Belajar Kognitif Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati, M.S., (2) Dr. Sueb, M.Kes.

 

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Discovery Learning dipadu Think Pair Share, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk LKS berbasis model Discovery Learning dipadu Think Pair Share yang valid dengan pengujian validitas; 2) menguji kepraktisan LKS berbasis model Discovery Learning dipadu Think Pair Share melalui angket keterbacaan siswa; 3) menguji keefektifan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Discovery Learning dipadu Think Pair Share dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu menganalisis (analyze), merancang (design), mengembangkan (develop), menerapkan (implement) dan mengevaluasi (evaluate). Produk yang dikembangkan berupa LKS pada materi Plantae untuk kelas X SMA dengan memuat model Discovery Learning dipadu Think Pair Share. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA-7 (kelas eksperimen) dan X MIA-5 (kelas kontrol) yang terdiri dari 38 siswa setiap kelasnya. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, angket keterbacaan oleh siswa, pretest dan postest untuk mengukur tingkat keefektifan produk.

Hasil uji kevalidan LKS oleh ketiga validator diperoleh rerata skor 3,67 dengan persentase 91,67 dan keterangan valid. Hasil kepraktisan produk diperoleh skor sebesar 2414 dari total skor maksimal yaitu 2736 termasuk kategori B (baik).

Hasil uji keefektifan LKS melalui quasi experiment dan di uji dengan anakova. Hasil penelitian menunjukkan p ˂ 0,05 (α = 0,05) yang berarti: 1) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan LKS berbasis model Discovery Learning dipadu TPS dengan pembelajaran yang menggunakan LKS Konvensional; 2) kovariat (pretest) kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; 3) ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan LKS berbasis model Discovery Learning dipadu TPS dan LKS konvensional); dan 4) kovariat (pretest) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Saran dari hasil penelitian ini yaitu mensosialisasikan produk yang dikembangkan melalui seminar hasil bersama tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) biologi, penulisan artikel jurnal dan mengembangkan produk bentuk DVD. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sintaks perpaduan model Discovery Learning dan Think Pair Share ada 6 tahapan yaitu kegiatan stimulasi, identifikasi masalah dan berpikir, mengumpulkan data dan berpasangan, mengolah data dan berbagi, membuktikan data dan simpulan.