SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester I Biologi Kelas X Tahun Pelajaran 2016/2017 di Empat SMA Negeri Kota Malang dan Kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013

Nila wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni, Nila. 2017. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester I Biologi Kelas X Tahun Pelajaran 2016/2017 di Empat SMA Negeri Kota Malang dan Kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi, M.Pd, (II) Drs. Masjhudi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Analisis butir soal, ulangan akhir semester, kurikulum 2013

Analisis butir soal Ulangan Akhir Semester (UAS) I Biologi di empat SMA Negeri kota Malang yaitu SMAN 1 Malang, SMAN 4 Malang, SMAN 7 Malang, dan SMAN 10 Malang belum dilakukan secara mendetail. Analisis kesesuaian soal dengan indikator kompetensi, serta kesesuaian soal dengan tuntutan kurikulum 2013 juga belum dilakukan sehingga kualitas soal belum diketahui.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal UAS semester 1 Biologi kelas X tahun pelajaran 2016/2017 di empat SMA Negeri kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif-kualitatif. Analisis data secara kuantitatif meliputi tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh dan reliabilitas. Analisis data secara kualitatif meliputi validitas isi, validitas konstruk, kualitas soal terhadap kurikulum, dan kesesuaian soal dengan tuntutan kurikulum 2013.

Hasil penelitian menunjukkan persentase soal mudah lebih tinggi pada masing-masing sekolah. Daya beda soal pada masing-masing sekolah jelek. Efektivitas pengecoh soal SMAN 1 Malang dapat diketahui bahwa sebanyak 32% pengecoh soal kurang baik dan tidak berfungsi, 28% cukup, 6% baik, 2% sangat baik. Hal ini juga terjadi pada SMAN 4 Malang yakni 30% pengecoh soal masih kurang baik. Pengecoh soal UAS SMAN 7 Malang sebanyak 30% berkategori cukup, 10% kurang baik, dan 24% tidak berfungsi. Pengecoh soal berkategori baik sebanyak 12% serta berkategori sangat baik 20%. Efektivitas pengecoh soal pada SMAN 10 Malang termasuk dalam kategori baik yakni 27,5%, pengecoh soal berkategori sangat baik dan berfungsi sebesar 22,5%. Reliabilitas soal di SMAN 1, SMAN 4 dan SMAN 7 malang tinggi sedangkan SMAN 10 Malang cukup. Validitas isi di empat SMA Negeri tersebut sudah baik. Validitas konstruk belum sesuai. Kualitas butir soal terhadap kurikulum termasuk dalam kategori sedang. Kesesuaian butir soal dengan kurikulum memiliki persentase sebesar 82%-89%. Setelah dilakukan analisis soal ulangan akhir semester 1 Biologi Kelas X tahun pelajaran 2016/2017 di empat SMA Negeri kota Malang maka disarankan agar penyusunan soal dilakukan dengan berpedoman pada peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan yang sedang berlaku sehingga soal yang dihasilkan dapat sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 serta melaksanakan analisis butir soal secara rutin.