SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI FILUM COELENTERATA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Nur Laili Afrida

Abstrak


ABSTRAK

 

Afrida, Nur Laili. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Biologi Materi Filum Coelenterata untuk Siswa Kelas X SMA / MA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd  (II) Drs. Masjhudi, M.Pd

 

Kata kunci:   Pengembangan multimedia interaktif, filum coelenterata, kelas X SMA/MA

Biologi merupakan rumpun dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mengedepankan pola pikir untuk menemukan sendiri jawaban atas suatu permasalahan (inquiry). Salah satu materi yang dibahas dalam ilmu biologi adalah Filum Coelenterata. Filum ini memiliki tiga kelas yaitu Scyphozoa, Hydrozoa, dan Anthozoa. Berdasarkan wawancara dengan guru biologi dan pengalaman mengajar di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama diketahui bahwa materi Avertebrata membutuhkan banyak waktu karena banyaknya materi yang dipelajari. Materi Filum Coelenterata dipilih karena materi ini seringkali diajarkan guru dengan hanya menyajikan gambar atau video. Siswa belum bisa memahami materi Coelenterata karena hanya belajar dari buku teks kemudian mengerjakan soal-soal. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai ulangan harian Kingdom Animalia kurang dari KKM 75 yaitu sebesar 73,31. Agar materi Filum Coelenterata lebih mudah dipahami perlu adanya alternatif untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan media yang dapat mengkomunikasikan materi tentang Coelenterata kepada siswa serta memudahkan guru untuk menghemat waktu pembelajaran materi Avertebrata. Oleh karena itu dilakukan penelitian berupa pengembangan multimedia interaktif  untuk materi Filum Coelenterata.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model the ASSURE dan disusun untuk menkonstruksi pengetahuan siswa dari materi sederhana sampai yang kompleks. Tahapan dalam model the ASSURE yaitu menganalisis siswa, menyatakan tujuan, memilih metode; media; dan bahan, menggunakan media dan bahan, partisipasi siswa dalam kelas, serta melakukan penilaian dan revisi.

Multimedia interaktif dibuat dengan bantuan software Adobe Flash CS 3. Persentasi hasil validasi menurut ahli media sebesar 93,6%, ahli materi sebesar 92,6%, guru sebesar 94,8%, dan survey siswa sebesar 95%. Uji terbatas pada 20 siswa juga menunjukkan peningkatan nilai pasca tes dibandingkan nilai pra tes yaitu 83,70. Persentase ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif  hasil pengembangan baik dari segi isi maupun tampilan dan kemudahan dalam penggunaan sudah layak dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran materi Coelenterata di sekolah. Hasil pengembangan berupa multimedia interaktif yang terdiri dari komponen-komponen seperti animasi, teks, audio, dan fasilitas berupa tombol-tombol navigasi, yang sudah berbentuk software.