SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester Gasal Biologi SMA Swasta Kelas X, XI, dan XII Tahun Pelajaran 2016/2017 di Kota Blitar Jawa Timur

Hanum Anisatuz Zuhroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Zuhroh, Hanum Anisatuz. 2016. Analisis Butir Soal Ulangan Tengah Semester GasalBiologi SMA Swasta Kelas X, XI, dan XII Tahun Pelajaran 2016/2017 di KotaBlitar Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Sunarmi, M.Pd, (II) Drs. Masjhudi, M.Pd.

 

Kata Kunci: analisis butir soal, ulangan tengah semester

Penilaian merupakan kegiatan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes. Tes yang disusun harus mengacu pada kaidah-kaidah penyusunan soal agar kualitas soal diketahui. Tes yang disusun juga harus memenuhi syarat validitas dan reliabilitas soal. Validitas soal dapat diketahui berdasarkan tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, dan validitas logis soal. Berdasarkan hasil kuisoner yang diberikan pada 6 Oktober 2016 pada guru Biologi di SMA Katholik Diponegoro Blitar hanya pernah dilakukan analisis terhadap tingkat kesukaran dan validitas isi sedangkan pada SMA Muhammadiyah I Blitar belum pernah dilakukan analisis terhadap validitas dan reliabilitas soal sehingga validitas soal juga belum diketahui.Validitas soal harus diketahui agar hasil yang diukur juga sesuai dengan apa yang ingin diukur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya beda, efktivitas pengecoh, reliabilitas, dan validitas logis butir soal yang dilakukan dengan cara menganalisis soal dan lembar jawaban siswa pada Ulangan Tengah Semester Gasal Biologi kelas X, XI, dan XII tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif kualitatif. Penelitian dilakukan terhadap kelas X di SMA Katholik Diponegoro Blitar serta kelas XI dan XII di SMA Muhammadiyah I Blitar.

Hasil penelitian terhadap tingkat kesukaran yaitu kelas X adalah 47.5% mudah, 37.5% sedang, dan 15% sukar, kelas XI adalah 40% mudah, 50% sedang, dan 10% sukar, dan kelas XII adalah 90% mudah dan 10% sedang. Daya beda butir soal kelas X adalah 50% jelek, 37.5% cukup, dan 12.5% baik, kelas XI adalah 15% jelek, 20% cukup, 55% baik, dan 10% baik sekali,dan pada kelas XII adalah 75% jelek, 12.5% cukup, 10% baik, dan 2.5% baik sekali. Efektivitas pengecoh butir soal yang berfungsi diatas 50% terdapat pada kelas XI sedangkan pada kelas X dan kelas XII diatas 50% tidak berfungsi. Reliabilitas soal kelas X adalah 0.6629 dengan kriteria tinggi, kelas XI adalah 0.89828 dengan kriteria sangat tinggi, dan kelas XII adalah 0.7713 dengan kriteria tinggi. Validitas isi butir soal kelas X rata-rata adalah 77.75%, kelas XI rata-rata adalah 75%, dan kelas XII rata-rata adalah 75.25%. Validitas konstruk soal kelas X rata-rata adalah 95.17%, kelas XI rata-rata adalah 100%, dan  kelas XII rata-rata adalah 99.17%. Validitas bahasa soal kelas X, XI, dan XII rata-rata adalah 96.25%.

Guru Biologi dapat menambah dan mengurangi kriteria soal dengan tingkat kesukaran sukar, sedang, atau mudah agar sesuai dengan proporsi tingkat kesukaran naskah soal yang baik. Guru dapat membuang atau memperbaiki soal dengan kriteria daya beda jelek dan cukup serta menambahkan soal dengan kriteria daya beda baik dan baik sekali. Guru dapat membuang atau memperbaiki soal yang pengecohnya tidak berfungsi dan menambahkan soal yang pengecohnya berfungsi. Guru dapat meningkatkan reliabilitas soal tinggi menjadi sangat tinggi dan mempertahankan reliabilitas soal yang sangat tinggi. Terkait dengan validitas logis soal, guru dapat memperhatikan dan memenuhi aspek-aspek penulisan naskah soal terkait validitas isi, konstruk, dan bahasa.