SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Classwide Peer Tutoring untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MAN 3 Malang

rika septi kusuma

Abstrak


ABSTRAK

 

Septi Kusuma, Rika. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Classwide Peer Tutoring  untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MAN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof Dra. Herawati Susilo M.Sc., Ph.D, (II) Dr. H. Abdul Gofur, M. Si.

 

Kata kunci: Classwide Peer Tutoring, aktivitas belajar, hasil belajar.

 

Pembelajaran Biologi di kelas XI IPA I MAN 3 Malang masih didominasi oleh metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan diskusi kelompok. Hal ini berdampak terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yang cenderung masih rendah karena kegiatan pembelajaran belum berpusat pada siswa. Inovasi strategi pembelajaran diperlukan agar aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa dapat meningkat. Penerapan model pembelajaran CWPT dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa di kelas XI IPA I MAN 3 Malang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di MAN 3 Malang dengan subyek penelitian kelas XI IPA 1 MAN 3 Malang tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 34 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar observasi keterlaksanaan belajar oleh siswa, catatan lapangan, lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar kognitif, tes hasil belajar afektif dan angket respon siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CWPT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN 3 Malang. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 91,05% pada siklus I, menjadi 93, 62% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari data awal 67,5, siklus I 83,5, dan siklus II 86,9. Rata-rata hasil belajar afektif siswa mengalami peningkatan 79,94 pada siklus I menjadi 89,6 pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar: (1) guru menerapkan model pembelajaran CWPT di kelas sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, (2) peneliti-peneliti yang lain mencoba menerapkan model pembelajaran CWPT pada pokok bahasan mata pelajaran Biologi yang lain