SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Manipulatif Graphmetri Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri

Ahmad Heru Wahyu Wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Wibowo, Ahmad Heru Wahyu. 2017. Pengembangan Media Manipulatif Graphmetri Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Sisworo, S.Pd, M.Si (2) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd.

 

Kata Kunci : Media Manipulatif Graphmetri, Model Pembelajaran Direct Instruction, Representasi Matematis, Grafik Fungsi Trigonometri.

 

 

Dalam menggambar grafik fungsi trigonometri, siswa SMA Assa’adah Bungah Gresik masih menggunakan metode tabel dan lingkaran satuan. Pada metode tabel, siswa kesulitan meletakkan titik-titik yang merepresentasikan bilangan-bilangan irrasional pada sumbu x maupun sumbu y. Sedangkan metode lingkaran, siswa mengalami kesulitan dalam menentukan panjang satu periode di sumbu x dan seringkali yang mereka buat tidak sama dengan keliling lingkaran satuan itu. Akibatnya grafik fungsi trigonometri yang digambar tidak sempurna. Sementara belum ada media manipulatif yang dapat digunakan oleh siswa untuk menggambarkan grafik fungsi trigonometri. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media manipulatif yang dapat digunakan oleh siswa dalam menggambarkan grafik fungsi trigonometri, serta dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Media manipulatif tersebut adalah Graphmetri yang dilengkapi dengan buku petunjuk yang mengacu pada sintaks model pembelajaran Direct Intruction. Dalam buku petunjukini terdapat latihan soal yang disesuaikan dengan indikator kemampuan representasi matematis yaitu visual, ekspresi matematis, dan teks tertulis.

Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model Four-D yaitu pendefinisian, desain, pengembangan, dan pendesiminasian. Dalam penelitian ini tahap pendesiminasian tidak dilakukan karena tahap ini membutuhkan sosialisasi yang cukup panjang dan lama, sehingga hanya sampai tahap pengembangan. Perolehan skor validasi dari ahli materi dan media berturut-turut 3,77 dan 3,83 pada skala 5 yang dikategorikan valid. Nilai kepraktisan yang diperoleh dari respons siswa dalam uji coba skala kecil maupun besar berturut-turut 4,13 dan 4,43 pada skala 5 yang dikategorikan praktis. Sedangkan hasil wawancara tanggapan siswa tentang media manipulatif Graphmetri adalah mudah digunakan dan buku petunjuk media manipulatif Graphmetri dapat dipahami. Selanjutnya rata-rata hasil pretest-postest pada uji coba skala kecil berturut-turut sebesar 47,80 dan 80,44, sedangkan pada uji coba skala besar berturut-turut sebesar 53,47 dan 80,98. Karena adanya peningkatan hasil pretest-postest, hal ini menunjukkan bahwa media manipulatif masuk kategori efektif. Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa sebesar 68,28% dalam uji coba skala kecil dan 51,44% dalam skala besar. Dengan demikian media manipulatif Graphmetri yang dikembangkan ini merupakan media pembelajaran yang efektif, valid, dan praktis serta dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

ABSTRACT

 

Wibowo, Ahmad HeruWahyu. 2017. The Development of Direct Instruction Teaching Model-based Graphmetri Manipulative Media to Improve Students’ Mathematical Representation Competence for Graphs of Trigonometric Function Materials. Graduate Program in Mathematics Teaching. Graduate Program of UniversitasNegeri Malang. Advisors: (1) Dr. Sisworo, S.Pd, M.Si (2) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd.

 

Key Words: GraphmetriManipulative Media, Direct Instruction Teaching Model, Mathematics Representation, GraphsTrigonometry Functions.

 

The table of values and the unit circle methods are still frequently used by the students of SMA Assa’adahBungah Gresik, in drawing graphs of trigonometry functions. When using table of values students got difficulty in putting points representing irrational numbers in x and y axis. While in the unit circle method, students got difficulty in determining the length of a period in x axis and frequently they made mistakes that the length of the period does not correspond to the circumference of a unit circle. Consequently, students drew the graph of trigonometry functions imperfectly while there was still no manipulative media that students could use to help them draw a graph of the function of trigonometry. This study aims at developing a manipulative media that students can use to help them draw graphs of trigonometric functions as well as to improve students' mathematical representation competence. The manipulative teaching media is Graphmetri equipped with a user manual which refers to the procedure of direct instruction. In the user manual, there are a lot of exercises adapted to the indicators of competence of mathematical representation such as visual, mathematical expressions, and written text.

This study employed research and development design with Four-D model: defining, designing, developing, and disseminating. In this study, dissemination stage was not conducted with the consideration that it takes long time to socialize the product resulted in the study. So, this study was conducted until the third stage, developing. At the product validation stage, media and material experts scored 3.77 and 3.83 respectively on a scale of 5 which indicate that the product developed in this study is valid. The practical value gained from student responses in small and large scale trials is 4.13 and 4.43 respectively on a scale of 5 in which the product is categorized as practical.While the results of interviews of students' responses about Graphmetri manipulative media found that the resulting product is easy to use and the user manual of Graphmetri manipulative media can be understood.Furthermore, the average pretest-postest results on small-scale tryout were 47.80 and 80.44 respectively, while in large-scale tryout were 53.47 and 80.98respectively.Due to an increase in pretest-posttest results, this indicates that manipulative media is categorized as effective. The increase of students' mathematical representation ability were 68.28% in small scale test and 51.44% in large scale. Thus the developed Graphmetri manipulative media is an effective, valid, and practical learning media and can improve students' mathematical representation.