SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Handout Berbasis Problem Based Learning Hasil Penelitian Pemanfaatan Bakteri dalam Keseimbangan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang

Febrinia Tika Mar'atus Sholihah

Abstrak


Pengembangan handout pada materi perubahan lingkungan ini didasari oleh kurangnya bahan ajar yang tersedia di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Bahan ajar yang digunakan adalah buku paket yang jumlahnya terbatas, kurang memacu kegiatan aktif siswa dan terkesan tekstual. Akibatnya, hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan handout berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan materi tambahan yang dikaji dari hasil penelitian keefektifan bakteri dalam mendegradasi logam berat krom dalam rangka pemberian sosialisasi atau menambah wawasan siswa.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ASSURE (Analize, State objectives, Select method, media, and material, Utilize materials, Require learner response & Evaluation) oleh Smaldino, dkk. (2005). Data yang diperoleh meliputi data validasi, data uji coba, uji keefektifan (hasil belajar kognitif), hasil belajar afektif, dan psikomotor. Data validasi diukur dengan angket validasi oleh ahli bahan ajar, ahli materi, dan ahli praktisi lapangan. Data uji coba diisi oleh 20 siswa. Uji keefektifan (hasil belajar kognitif), hasil belajar afektif, dan psikomotor dilakukan pada 36 siswa.

Hasil analisis penilaian validator ahli bahan ajar diperoleh rata-rata sebesar 93.5%. Rata-rata yang diperoleh dari angket validasi oleh ahli materi sebesar 97.9% dan ahli praktisi lapangan 97.8%. Hasil perolehan validasi tersebut menunjukkan bahwa handout yang dihasilkan dikategorikan sangat valid. Rerata hasil uji coba terhadap 20 siswa didapatkan persentase sebesar 88%, yang menunjukkan bahwa handout termasuk pada kategori sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Uji keefektifan ditunjukkan dengan hasil belajar kognitif yang diperoleh dari  nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan skor gain (gain score) dan menghasilkan nilai 0.4, sehingga handout berbasis PBL yang dihasilkan menunjukkan keefektifan sedang. Hasil belajar afektif siswa diperoleh dari penilaian sikap spiritual dan sosial oleh observer serta penilaian sikap sosial oleh diri siswa sendiri, Rata-rata yang diperoleh sebesar 91.3, 86.5, dan 90.6. Hasil belajar psikomotor didapatkan dari hasil karya siswa, menunjukkan rata-rata sebesar 88.9. Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan bahwa, handout dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi perubahan lingkungan dan pelestarian lingkungan.