SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Implementasi Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif dan Model Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII

Destik Widiyawati

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dan model Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design. Analisis data dengan analisis kovarian pada taraf signifikansi 5% dengan menggunakan bantuan software SPSS for 16.0 Windows. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pelaksanaan penelitian mulai 19 September sampai dengan 19 Oktober  2016. Data berupa kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui soal essay berjumlah tiga soal. Hasil analisis Anakova data kemampuan berpikir kritis siswa dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Hasil uji BNT menunjukkan bahwa (1) pengaruh pembelajaran menggunakan ceramah dipadu ppt terhadap kemampuan berpikir kritis berbeda nyata dengan pembelajaran menggunakan model TPS, pembelajaran menggunakan multimedia, dan pembelajaran menggunakan multimedia dipadu model TPS, (2) pengaruh pembelajaran menggunakan model TPS terhadap kemampuan berpikir kritis tidak berbeda nyata dengan pembelajaran menggunakan multimedia dan pembelajaran menggunakan multimedia dipadu model TPS. Data berupa hasil belajar kognitif diperoleh melalui soal pilihan ganda berjumlah 25 soal. Hasil analisis Anakova data hasil belajar kognitif siswa dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Hasil uji lanjut BNT menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran menggunakan ceramah dipadu ppt terhadap hasil belajar kognitif tidak berbeda nyata dengan pembelajaran menggunakan model TPS, pembelajaran menggunakan multimedia, dan pembelajaran menggunakan multimedia dipadu model TPS.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Implementasi pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dan model TPS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa dengan rerata terkoreksi tertinggi pada pembelajaran menggunakan multimedia dipadu model TPS. Pembelajaran menggunakan multimedia dipadu model TPS berbeda nyata dengan pembelajaran menggunakan ceramah dipadu ppt, dan tidak berbeda nyata dengan pembelajaran menggunakan model TPS, dan pembelajaran menggunakan multimedia. (2) Implementasi pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dan model TPS berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa dengan rerata terkoreksi tertinggi pada pembelajaran menggunakan multimedia dipadu model TPS. Pembelajaran menggunakan multimedia dipadu model TPS tidak berbeda nyata dengan pembelajaran menggunakan ceramah dipadu ppt, pembelajaran menggunakan model TPS, dan pembelajaran menggunakan multimedia.