SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 1 BATU

Elsa Dewi Nur Bawati

Abstrak


ABSTRAK

Dewi, Elsa. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hadi Suwono, M.Si., (2) Dra. Sunarmi, M.Pd.

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), penelitian tindakan kelas, hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Tahap penelitian tindakan kelas adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Batu ditemukan beberapa fakta yakni hasil uji pendahuluan sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75 (Hanya 20,59% siswa yang mencapai KKM, dan rerata siswa adalah 68) dan hanya beberapa siswa yang aktif dan terlihat antusias dalam kegiatan pembelajaran. Solusi yang dapat diterapkan adalah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil belajar kognitif siswa diukur dengan menggunakan soal tes kognitif. Hasil belajar afektif siswa diukur dengan lembar observasi afektif siswa. Sedangkan hasil belajar psikomotor siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi psikomotor siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa, hasil belajar afektif siswa, dan hasil belajar psikomotor siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari 35,29% pada siklus I menjadi 88,24% pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa mengalami peningkatan dari 84% pada siklus I menjadi 94,2% pada siklus II. Hasil belajar psikomotor siswa mengalami peningkatan dari 76% pada siklus I menjadi 92,1% pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Batu. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat diberikan untuk penelitian lain sebagai berikut. (1) Diperlukan adanya perbaikan pada pengelolaan kelas. (2) Guru dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung terhadap permasalahan, karena siswa akan lebih aktif dalam pembelajaran dan akan lebih mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki sehingga akan berdampak pada peningkatkan hasil belajar siswa.