SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tingkat Instar dan Jumlah Larva Plutella xylostella Yang Berbeda Terhadap Parasitasi Diadegma semiclausum.

Masfiyatun Nasukhah

Abstrak


ABSTRAK
Nasukhah, Masfiyatun. 2009. Pengaruh Tingkat Instar dan Jumlah Larva Plutella xylostella Yang Berbeda Terhadap Parasitasi Diadegma semiclausum. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sofia Ery Rahayu, S.Pd, M.Si, (II) Ir. Handoko, M.Sc.
Kata kunci: Diadegma semiclausum, Jumlah, Larva Plutella xylostella, Parasitasi, Tingkat Instar.
Masalah utama yang dihadapi dalam usaha tani kubis adalah serangan hama. Salah satu hama utama yang biasa menyerang tanaman kubis adalah hama P. xylostella. Salah satu pengendalian hama P. xylostella dapat dilakukan dengan memanfaatkan parasitoid. Parasitoid D. semiclausum merupakan musuh alami dari larva P. xylostella. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat instar larva P. xylostella yang berbeda terhadap parasitasi D. semiclausum, jumlah larva P. xylostella yang berbeda terhadap parasitasi D. semiclausum, dan interaksi antara tingkat instar dan jumlah larva P. xylostella yang berbeda terhadap parasitasi D. semiclausum.
Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok yang diulang sebanyak 7 kali. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman serta di rumah kaca BPTP Jatim Jl. Raya Karangploso Km. 4, Malang pada bulan Maret – Juni 2009. Objek penelitian ini adalah sepasang parasitoid imago jantan dan betina D. semiclausum dan larva P. xylostella instar 3 dan instar 4 yang masing-masing berjumlah sekitar 525 larva. Penelitian ini dilakukan dengan cara memasukkan sepasang parasitoid imago jantan dan betina D. semiclausum yang baru menetas dari pupanya ke dalam kurungan plastik yang di dalamnya terdapat tanaman kubis yang berisi larva P. xylostella instar 3 dan 4, yaitu masing-masing instar sebanyak 5, 10, 15, 20, dan 25 larva. Memasukkan imago parasitoid D. semiclausum tersebut dilakukan selama 24 jam. Larva P. xylostella dipelihara sampai menjadi pupa. Data berupa jumlah pupa P. xylostella yang terparasit, dianalisis secara statistika menggunakan analisis sidik ragam klasifikasi ganda (anava ganda) dan jika signifikan maka akan dilanjutkan dengan uji BNT 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada interaksi antara tingkat instar dan jumlah larva P. xylostella yang berbeda terhadap parasitasi D. semiclausum yaitu pada jumlah larva sebanyak 15 larva dengan instar 3. Tingkat instar larva P. xylostella yang berbeda berpengaruh terhadap parasitasi D. semiclausum dimana instar 3 berpengaruh terhadap tingkat parasitasi. Sedangkan jumlah larva P. xylostella yang berbeda tidak ada pengaruh terhadap parasitasi D. semiclausum.
i