SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipicu Pertanyaan Kritis Terhadap Argumentasi Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Kelas X

Nur Afifah Zahro

Abstrak


ABSTRAK

 

Zahro, Nur Afifah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipicu Pertanyaan Kritis Terhadap Argumentasi Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si., (II) Dr. Sueb, M.Kes.

 

Kata kunci: argumentasi ilmiah, inkuiri terbimbing, dipicu pertanyaan kritis, hasil belajar

Argumentasi ilmiah bermanfaat untuk dapat mempelajari konsep biologi. Namun di kenyataanya, kemampuan siswa untuk dapat berargumen ilmiah masih dapat dikatakan rendah. Rendahnya argumentasi ilmiah siswa disebabkan karena kurangnya sumber belajar siswa dan kesempatan siswa untuk berpartisipasi di dalam kelas. Dampak yang muncul ketika argumentasi ilmiah yang rendah yaitu hasil belajar yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan argumentasi ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X setelah mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dipicu pertanyaan kritis dengan mengontrol variabel praperlakuan dan korelasi antara argumentasi ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X setelah mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dipicu pertanyaan kritis.

Jenis penelitian ini eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest – postest non equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X di SMAN 2 Malang dan sampel penelitian sebanyak 33 siswa kelas eksperimen 1 dan 33 siswa kelas eksperimen 2. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling yaitu cluster random sampling. Untuk data kualitatif dianalisis dengan menempuh tiga tahap: (1) reduksi data, (2) display data, (3) kesimpulan dan verifikasi dan dilakukan teknik triangulasi sumber data untuk mengetahui keabsahan data yang diperoleh. Uji statistik untuk data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan uji Analysis of Covariance dan uji korelasi Pearson.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui uji anakova memiliki nilai p argumentasi ilmiah sebesar (0,000), hasil belajar pengetahuan (0,024), sikap (0,000), dan keterampilan (0,000). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan argumentasi ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X setelah mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dipicu pertanyaan kritis dengan kovariat pretes argumentasi ilmiah dan hasil belajar berpengaruh terhadap postes argumentasi ilmiah dan hasil belajar (p < 0,050). Nilai korelasi menunjukkan p (0,000) atau dapat disimpulkan terdapat korelasi antara argumentasi ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X setelah mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dipicu pertanyaan kritis.