SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Biologi dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Integrasi Islam untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA pada Materi Ekosistem

ulfstun hasanah

Abstrak


ABSTRAK

Hasanah Ulfatun. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning Berbasis Integrasi Islam untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Hasil Belajar Siswa kelas X Madrasah Aliyah dengan Materi Ekosistem. Skripsi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si (II) Dr. Dahlia, M.S.

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran Berbasis Integrasi Islam, Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar.

 

Perangkat pembelajaran berbasis Integrasi Islam dikembangkan dengan model Problem Based Learning terpadu dengan kajian Al Quran dan Sunnah. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dan hasil belajar siswa Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan model 4D. Hasil validasi silabus dari dosen ahli menunjukkan kriteria valid dengan skor 82,5%, validasi RPP dari dosen ahli menunjukkan kriteria valid dengan skor 95,4%, validasi Bahan Ajar dari dosen ahli menunjukkan kriteria valid dengan skor 94%, dan uji keerbacaan siswa dengan kriteria sangat valid dengan skor 94%. Data yang dikumpulkan pada uji coba adalah kecerdasan spiritual dan hasil belajar siswa. Uji coba menunjukkan (1) peningkatan presentase kecerdasan spiritual yaitu 0,32 (2) peningkatan hasil belajar siswa yaitu 0,66