SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Pengomposan dengan Starter Sari Buah Pepaya Busuk pada Materi Perubahan Lingkungan/Iklim dan Daur Ulang Limbah untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Singosari

Rizky Alfarizy

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Setiap tahun volume sampah semakin meningkat baik di Kota Malang maupun Kabupaten Malang. Salah satu cara pengolahan sampah berupa sampah basah yaitu dengan pengomposan. Hasil studi awal menunjukkan bahwa SMAN 1 Singosari belum pernah melakukan kegiatan pengomposan. Siswa menyukai pembelajaran aktif seperti kegiatan praktikum. Motivasi belajar siswa menurun ketika guru menerapkan metode ceramah. Tujuan penelitian yaitu untuk menyusun draf, menguji kevalidan, menguji kepraktisan, dan menguji keefektifan buku petunjuk praktikum pengomposan pada materi perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah untuk siswa Kelas X SMAN 1 Singosari.

Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 3-D (Define, Design, dan Develop) yang dimodifikasi dari model 4-D Thiagarajan (1974). Sebelum mengembangkan buku petunjuk praktikum pengomposan dilakukan penelitian eksperimen tentang pengaruh konsentrasi sari buah pepaya busuk terhadap lama waktu pengomposan. Jenis data yang terdapat dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yaitu berupa data hasil validasi buku petunjuk praktikum, data respons siswa, dan data hasil belajar siswa. Data kualitatif yaitu berupa saran, komentar, dan tanggapan validator terhadap buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan. Kegiatan analisis data dilakukan untuk mengetahui persentase tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan buku petunjuk praktikum.

 

Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa sari buah pepaya busuk dengan konsentrasi 75% memiliki lama waktu pengomposan yang paling singkat/cepat yaitu 16 hari dan berbeda nyata dengan konsentrasi sari buah pepaya busuk lainnya. Hasil validasi buku petunjuk praktikum oleh ahli bahan ajar, ahli materi, dan praktisi lapangan secara berurutan sebesar 95,89%, 86,72%, dan 96,67%. Persentase dari semua validator menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil respons siswa terhadap buku petunjuk praktikum sebesar 87,91%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum termasuk dalam kriteria sangat praktis. Hasil penghitungan diperoleh nilai gain score (g) sebesar 0,53. Nilai (g) = 0,53 berada di interval 0,3 < (g) < 0,7 dengan kriteria sedang, artinya buku petunjuk praktikum yang dikembangkan sudah termasuk efektif. Oleh karena itu, buku petunjuk praktikum pengomposan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.