SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SANGGAR SANGKARA GEMRINING DESA LAMONG KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI

rizky suharmoko ady

Abstrak


Ady, Rizky, Suharmoko. 2016, Pembelajaran Karawitan Di Sanggar Sangkara Gemrining Desa Lamong Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini, M.Sn, (II) Hartono, S.Sn, M.Sn.

 Kata Kunci: Pembelajaran, Karawitan, Teknik Menabuh Gamelan.

Karawitan merupakan seni suara Jawa, baik vokal, instrumental maupun vokal instrumental dengan menggunakan tangga nada pentatonis jawa yaitu pelog dan slendro dengan menggunakan alat musik yaitu gamelan. Pembelajaran yang dilakukan di sanggar termasuk sanggar Sangkara Gemrining tersebut bersistem aprentisip berkonsep penularan seni. Penelitian mengenai pembelajaran karawitan tersebut bertempat di Sanggar Sangkara Gemrining Desa Lamong Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Sanggar tersebut dipimpin oleh seniman ternama yaitu Suroso.

Penelitian yang berjudul Pembelajaran Karawitan di Sanggar Sangkara Gemrining Desa Lamong Kecamatan Badas Kabupaten Kediri ini mempunyai tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran beserta metode yang digunakan pelatih sanggar.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam arti peneliti mendeskripsikan fenomena yang terjadi di masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, tahap reduksi, tahap penyajian data, serta tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, dan triangulasi metode.

Hasil penelitian ini menunjukkan Pembelajaran Karawitan Di Desa Lamong Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Pembelajaran karawitan melalui tahapan-tahapan yaitu (1) Prainstruksional, (2) Instruksional (3) Evaluasi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran karawitan tersebut yaitu metode demonstrasi dan metode drill.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada seluruh masyarakat khusunya generasi muda di Desa Lamong Kecamatan Badas Kabupaten Kediri untuk terus dapat mempelajari karawitan teknik menabuh gamelan yang baik dan benar, sehingga dapat memberi manfaat bagi dunia pendidikan.