SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Aktivitas Fosforilasi Protein 15 dan 33 kDa pada Membran Spermatozoa Kambing Kacang (Capra hircus) sebagai Parameter Pendukung Kualitas Sperma

Denny Fahrudin Mardiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardiansyah, Denny Fahrudin. 2016. Aktivitas Fosforilasi Protein 15 dan 33 kDa pada Membran Spermatozoa Kambing Kacang (Capra hircus) sebagai Parameter Pendukung Kualitas Sperma. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.     Pembimbing: (I) Dr.Umie Lestari, M.Si,  (II) Dra. Nursasi Handayani, M.Si.

 

Kata Kunci: aktivitas fosforilasi protein, protein membran spermatozoa, spermatozoa kambing kacang

Kambing kacang merupakan salah satu sumber plasma nutfah ternak lokal  Indonesia dengan besar populasi 83% dari total populasi kambing di Indonesia. Kambing kacang memiliki keunggulan berupa daya adaptasi yang baik serta memiliki litter size sebesar 1,68. Populasi dan produksi daging kambing di Indonesia terlihat stabil, sehingga berpotensi mendukung ketahanan pangan nasional dan berpeluang ekspor ke wilayah Timur Tengah dan negara tetangga. Pola pemeliharaan kambing kacang secara umum dilakukan dengan pola tradisional, yaitu sistem perkawinan secara alami yang tidak teratur. Hal inilah yang menyebabkan perkawinan secara alami kurang optimal apabila dibandingkan dengan perkawinan secara buatan seperti inseminasi buatan (IB).

Penerapan IB bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bibit ternak. Hasil uji coba IB kambing yang dilakukan memiliki tingkat keberhasilan sebesar 33-73%. Bervariasinya tingkat keberhasilan IB pada kambing dapat dikarenakan beberapa faktor seperti kualitas semen, faktor induk, waktu pelaksanaan IB, dan pelaksana IB. Salah satu parameter kualitas semen yaitu motilitas. Penilaian motilitas spermatozoa secara molekuler berhubungan dengan keberadaan energi di dalam sperma, misalnya ATP yang dapat diketahui melalui pengukuran aktivitas fosforilasi protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas fosforilasi protein  membran spermatozoa kambing kacang (Capra hircus) dengan berat molekul 15 dan 33 kDa yang berpotensi digunakan sebagai parameter pendukung dalam menentukan kualitas spermatozoa kambing kacang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan observasi laboratorik yang dilakukan dengan menghitung nilai unit aktivitas fosforilasi protein dengan berat molekul 15 dan 33 kDa. Berdasarkan hasil analisis penelitian, menunjukkan bahwa protein 15 kDa memiliki aktivitas fosforilasi sebesar 0,1340 μg/ml/menit, sedangkan protein 33 kDa sebesar 0,1635 μg/ml/menit. Penelitian lanjutan masih diperlukan untuk mengetahui aktivitas fosforilasi protein membran lainnya yang sudah ditemukan. Harapannya deskripsi molekular aktivitas fosforilasi pada spermatozoa ini dapat digunakan sebagai parameter pendukung kualitas sperma kambing untuk IB.