SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Quantum Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IVA SDN Martopuro 1 Kecamatan Purwosari KAbupaten Pasuruan

MELLA DWI PANGESTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Pangesti, Mella Dwi. 2016. Penerapan Model Quantum Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IVA SDN Martopuro 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan KependidikanSekolahDasardan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Imam Nawawi, M.Si, (II) Drs. Sjafruddin A.R, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Quantum Writing, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi

Proses pembelajaran menulis karangan dalam Bahasa Indonesia di SDN Martopuro 1 ini kurang meningkatkan kreativitas siswa, terutama dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini terlihat dari hasil karangan deskripsi siswa yang tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Peneliti menggunakan model Quantum Writing sebagai model untuk pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikanpenerapan modelQuantum Writinguntukmeningkatkankemampuanmenuliskarangandeskripsi siswakelas IVA SDN Martopuro 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dan untuk mendeskripsikanpeningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IVA SDN Martopuro 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan setelah penerapan model Quantum Writing.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, penilaian aktivitas siswa dan hasil menulis karangan deskripsi. Peneliti menerapkan 2 siklus pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil kemampuan menulis karangan deskripsi siswa meningkat cukup signifikan. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata 78,68 dan nilai tersebut masuk dalam kategori baik. Adapun dari 37 siswa kelas IVA, terdapat 2 siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran.

Pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan model Quantum Writing terdapat tahapan yang memudahkan siswa. Tahap-tahap tersebut, yaitu: (a) tahap persiapan ; (b) tahap draf  kasar; (c) tahap berbagi, (d) tahap revisi, (e) tahap penyuntingan, (f) tahap penulisan kembali dan (g) tahap evaluasi. Guru harus menguasai dan menerapkan pembelajaran yang inovatif dalam menulis karangan, sehingga siswa menjadi antusias, aktif dan termotivasi.