SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS BUKU BIOLOGI KELAS X KURIKULUM 2013 BERDASARKAN SUDUT PANDANG KETERLIBATAN SISWA SESUAI KAJIAN PENDEKATAN ILMIAH

Anisa Nur Istiqomah

Abstrak


ABSTRAK

 

Istiqomah, A. Nur. 2015. Analisis Buku Biologi Kelas X Kurikulum 2013 Ber-dasarkan Sudut Pandang Keterlibatan Siswa Sesuai Kajian Pendekatan Ilmiah. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd, (II) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S

 

Kata Kunci: Buku teks pelajaran, Pendekatan ilmiah, Kurikulum 2013

Buku teks pelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran yang mendukung berbagai kemampuan siswa. Buku teks pelajaran merupakan salah satu dokumen kurikulum yang digunakan sebagai komponen implementasi Kurikulum. Buku teks pelajaran yang relevan dengan kurikulum 2013 akan memiliki kualitas yang baik.  Agar kegiatan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tuntutan kurikulum yang sudah ditentukan oleh perundangan–undangan dan dapat mendukung keterlibatan siswa dalam belajar maka isi buku perlu dievaluasi dan direvisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterlibatan siswa pada buku teks pelajaran biologi kelas X yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SMA sesuai pendekatan ilmiah Kurikulum 2013 sebagai salah satu bentuk evaluasi pada buku teks pelajaran.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga buku yang telah digunakan dalam pembelajaran di SMA. Hasil penelitian menunjukkan nilai persentase yang menggambarkan keterlibatan siswa sesuai pendekatan ilmiah pada buku A, B, dan C tergolong dalam kategori sangat rendah. Buku teks pelajaran A, B, dan C tidak dapat digunakan sebagai sumber utama proses pembalajaran menggunakan pendekatan ilmiah.

Terkait dengan penelitian ini pada kegiatan pembelajaran perlu dikembangkan media pembelajaran yang menggunakan landasan pendekatan ilmiah sebagai sumber belajar utama kegiatan pembelajaran. Untuk kegiatan belajar mandiri di luar kelas perlu ditambahkan kegiatan yang memiliki kapasitas agar siswa melatih kemampuan siswa menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah.