SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Afektif dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang.

astuti dwi rina

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Rina Dwi. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran  Kooperatif Model  Think Pair Share (TPS)  terhadap  Hasil Belajar  Afektif  dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang. Skripsi, Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan  Biologi,  FMIPA UM. Pembimbing   (I)   Drs.   Sarwono,   M.Pd,   (II)   Sitoresmi   Prabaningtyas, S.Si.,M.Si.

 

Kata Kunci: TPS, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar

Menurut Hasibuan (1991) penerapan diskusi dalam kelompok kecil (TPS) dapat memberi kesempatan pada siswa untuk berlatih memecahkan masalah, mengembangkan sikap sosial, saling membantu (afektif) dan keterampilan dalam hidup (psikomotor) merupakan ciri dari pendidikan kebudayaan di Indonesia.

Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  eksperimen  semu  karena  padaeksperimen   ini  belum   memenuhi   persyaratan   yang  dapat  dikatakan   ilmiah mengikuti peraturan tertentu. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-2SMA  Diponegoro  Tumpang  Malang  yang  berjumlah  24 dan 26 siswa.  Teknikanalisis data menggunakan  SPSS 16.0 for windows yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat untuk melihat data yang ada telah terdistribusi secara normal.

Rancangan penelitian ini, kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode  pembelajaran  kooperatif  model  TPS  sedangkan  kelas  kontrol  dengan metode pembelajaran model konvensional dalam hal ini ceramah.TPS   merupakan   jenis   pembelajaran   kooperatif   yang   dirancang   untukmempengaruhi pola interaksi siswa. Struktur yang dimaksudkan sebagai alternatif pengganti terhadap struktur kelas tradisional. Pembelajaran model ini menantang siswa dengan pertanyaan  terbuka dan memberi  siswa waktu untuk memikirkan pertanyaan tersebut. Hal ini penting agar siswa mampu memikirkan alternatif jawaban  yang akan diberikan  dengan  menghubungkannya  dengan  konsep yang telah dimiliki sebelumnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran kooperatif model TPS berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa yang ditunjukkan dengan hasil probabilitas >0,05 (0,336); (2) penerapan metode pembelajaran    kooperatif    model   TPS   berpengaruh    terhadap    hasil   belajar psikomotor  siswa  yang  ditunjukkan  dengan  hasil  probabilitas  F  hitung