SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang.

Ardhitya Dewi Kumalasari

Abstrak


i
ABSTRAK
Kumalasari, Ardhitya Dewi. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model
Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar
Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi
FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Susetyoadi
Setjo, M.Pd., (II) Dra. Murni Saptasari, M.Si.
Kata kunci: Motivasi belajar, Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif model
Group Investigation (GI).
Observasi awal yang dilakukan peneliti selama melakukan Praktek
Pengalaman Lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi di kelas X-1
SMA Negeri 7 Malang ada beberapa masalah antara lain: (1) motivasi belajar siswa
sangat kurang, hal itu terlihat ketika pembelajaran berlangsung siswa selalu ramai,
berbicara dengan teman dan sering ijin keluar dan tidak kembali ke kelas, (2)
dalam menyelesaikan suatu tugas, siswa dengan karakteristik yang sama cenderung
untuk mengelompok menjadi satu, termasuk siswa yang merasa memiliki kemampuan
yang sama juga mengelompok menjadi satu sehingga terbentuk kelompok-
kelompok homogen yang tidak seimbang di kelas, (3) metode ceramah yang
diterapkan oleh guru tidak menarik minat dan perhatian siswa untuk belajar dengan
sungguh-sungguh sehingga mempengaruhi hasil belajarnya dimana setiap tes
selalu ada siswa yang tidak tuntas belajar yang jumlahnya ≥ 50% jumlah siswa di
kelas. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan
motivasi dan hasil belajar Biologi siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan dirancang dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas X-1 SMA Negeri 7 Malang semester genap tahun ajaran 2006/2007.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif
model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
Biologi siswa. Motivasi belajar siswa meningkat sebesar 31,48% yaitu dari
46,15% dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 77,63% dengan kategori
baik pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, terlihat dari
nilai rata-rata siswa sebesar 81,94% pada siklus I menjadi 89,18% pada siklus II
dan siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan dari 79,49% pada
siklus I menjadi 97,44 % pada siklus II. Hasil angket juga menunjukkan bahwa
siswa menyukai dan lebih termotivasi untuk belajar Biologi setelah mengikuti
pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI).
Berdasarkan penelitian tersebut ketika menerapkan metode pembelajaran
kooperatif model Group Investigation (GI) guru diharapkan lebih memberi bimbingan
dan memperhatikan penggunaan waktu, selain itu sebaiknya guru Biologi
menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran
agar motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Salah satu metode yang dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif
model Group Investigation (GI), sehingga metode pembelajaran ini disarankan
untuk diterapkan di kelas. Selain itu perlu juga dilakukan penelitian sejenis pada
konsep-konsep Biologi yang lain.

Teks Penuh: DOC PDF