SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-A SMA Taman Madya Malang

YULI PURWANTI

Abstrak


ABSTRAK
 
Purwanti, Yuli. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-A
SMA Taman Madya Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Biologi, Jurusan Biologi FMIPA Program Sarjana Universitas Negeri
Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Soedjono Basoeki, M.Pd (II) Nuning
Wulandari, S.Si, M.Si
 
Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, model pembelajaran kooperatif Jigsaw
 
Berdasarkan hasil observasi awal, hasil wawancara dengan guru mata
pelajaran biologi kelas X-A SMA Taman Madya Malang diketahui bahwa SMA
Taman Madya Malang menggunakan kurikulum KTSP dan metode konvensional.
Guru sangat mendominasi dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa
terlihat kurang aktif dan tidak banyak terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang
menggunakan metode konvensional. Berdasarkan pengalaman peneliti selama
menjadi guru PPL SMA Taman Madya Malang, kelas X-A menunjukkan bahwa
siswa sering ramai pada waktu proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini
menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah, sehingga perlu ada variasi
model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Model
pembelajaran koopertif Jigsaw diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut,
karena dalam model pembelajaran kooperatif Jigsaw mengaktifkan siswa melalui
kelompok kecil sehingga melatih siswa untuk berkomunikasi dan interaksi antar
teman. Komunikasi dan interaksi siswa tersebut akan melatih kemampuan
bertanya dan menerangkan. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar biologi siswa kelas X-A SMA Taman Madya Malang. Penelitian ini
dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan. Setiap siklus
meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Taman Madya Malang semester genap
2008/2009 yang berjumlah 21 siswa dengan materi Animalia. Pengambilan data
dilaksanakan bulan Maret-April 2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah lembar observasi motivasi siswa, tes, wawancara dan catatan lapangan.
Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan teknik persentase. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran koopertif Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar Biologi siswa kelas X-A SMA Taman Madya Malang. Hasil pembelajaran
dilihat dari keseluruhan aspek motivasi menunjukkan terjadinya peningkatan
belajar klasikal dengan kategori baik sebesar 10,472%, yaitu dari 60,002% pada
siklus I menjadi 70,474% pada siklus II. Ketuntasan belajar minimal untuk mata
pelajaran Biologi kelas X-A SMA Taman Madaya Malang sebesar 60%.
Peningkatan persentase ketuntasan belajar (kognitif) dari siklus I ke siklus II
sebesar 24% yaitu dari 62% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II.

Teks Penuh: DOC PDF