SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERMUATAN AYAT SUCI AL-QUR'AN DAN AL-HADITS UNTUK KELAS XI MADRASAH ALIYAH

Susi Munawaroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Munawaroh, Susi. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Bermuatan Ayat Suci Al-Qur’an dan Al-Hadits untuk Kelas XI IPA Madrasah Aliyah. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si., (2) Dr. Umie Lestari, M.Si.

 

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Al-Qur’an dan Al-Hadits, Madrasah Aliyah

Latar belakang penyusunan perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia bermuatan Al-Qur’an dan Al-Hadits adalah belum adanya perangkat pembelajaran Biologi yang bermuatan Al-Qur’an dan Al-Hadits di Madrasah Aliyah Roudlotun Nasyiin (MARONAS), padahal mengintegrasikan materi pembelajaran dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits merupakan sebuah kewajiban bagi guru Biologi di Madrasah Aliyah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan, selain sebagai panduan bagi guru biologi dalam menyampaikan materi sistem reproduksi manusia yang bermuatan Al-Qur’an dan Al-Hadits juga dapat membantu siswa dalam mempelajari materi sistem reproduksi manusia yang harapannya mampu memberikan pemahaman terhadap siswa bahwa sistem reproduksi manusia merupakan bukti kebesaran Allah SWT sehingga dapat meningkatkan keimanan kepada-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia bermuatan Ayat Suci Al- Qur’an dan Al-Hadits untuk kelas XI IPA Madrasah Aliyah dan mendiskripsikan hasil belajar siswa MA Roudhlotun Nasyiin setelah menggunakan perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia bermuatan Ayat Suci Al-Qur’an dan Al-Hadits untuk kelas XI IPA Madrasah Aliyah.

Penelitian ini termasuk penelitian Research & Development dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang hanya dibatasi dengan melaksanakan tiga tahap (3D). Data kuantitatif berupa skor validasi perangkat pembelajaran, skor keterpakaian perangkat pembelajaran selama pembelajaran, penilaian kognitif dan afektif, serta skor penilaian siswa terhadap perangkat pembelajaran. Data kualitatif berupa saran perbaikan dari validator dan komentar siswa. Instrumen penelitian berupa angket validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan untuk mengetahui keterpakaian perangkat pembelajaran dalam pembelajaran, lembar penilaian kognitif siswa, lembar penilaian afektif siswa, dan angket penilaian siswa terhadap perangkat pembelajaran (handout, LKS, dan instrumen evaluasi).Uji coba skala terbatas dilakukan kepada siswa kelas XI IPA yang berjumlah 28 orang.

Hasil validasi produk oleh dosen pendidikan, guru Biologi, maupun dosen ahli materi menunjukkan kriteria valid dengan rerata skor masing-masing 91,61%, 91,95%, dan 96,58%. Presentase ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran sistem reproduksi manusia. Berdasarkan data uji coba, ketuntasan klasikal tes hasil belajar kognitif menunjukkan presentase 89,47% dengan ratarata kelas 78,42, rerata penilaian poster menunjukkan 91,65, rerata penilaian.