SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, dan Sikap terhadap Ekosistem Sungai Siswa Kelas X SMA Shalahudin

Grienny Nuradi Atmidha

Abstrak


ABSTRAK
 
 
Atmidha, Grienny Nuradi. 2009. ‘Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek
terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, dan Sikap terhadap
Ekosistem Sungai Siswa Kelas X SMA Shalahudin’. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. A.D.
Corebima, M.Pd, (2) Dra. Susriyati Mahanal, M.Pd.
 
Kata kunci : Pembelajaran berbasis proyek, kemampuan berpikir kritis, hasil
belajar, sikap siswa terhadap ekosistem sungai
 
Pemberdayaan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran biologi
sangat penting untuk dikembangkan karena erat kaitannya dengan hasil belajar
kognitif siswa yang selanjutnya mempengaruhi sikap siswa terhadap lingkungan.
Alternatif strategi pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan berpikir
kritis siswa adalah pembelajaran berbasis proyek.
Penelitian ini dilakukan di SMA Shalahudin Malang pada tanggal 16 Maret
2009- 31 Mei 2009. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA
Shalahudin Malang semester Genap tahun Pelajaran 2008-2009 yang berjumlah
38 siswa, terdiri dari kelas X1 (kelas eksperimen )18 siswa dan kelas X2 (kelas
kontrol) 19 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan
penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non-equivalent Control
Group Design. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik
kovarian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap
kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, dan sikap siswa terhadap ekosistem
sungai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X
SMA Shalahudin. Siswa yang difasilitasi pembelajaran berbasis proyek memiliki
kemampuan berpikir kritis 85,6% lebih tinggi dari siswa yang difasilitasi dengan
pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa yang difasilitasi pembelajaran
berbasis proyek 84,5% lebih tinggi juga dari siswa yang difasilitasi dengan
pembelajaran konvensional. Pembelajaran berbasis proyek juga berpengaruh
terhadap sikap siswa kelas X SMA Shalahudin terhadap ekosistem sungai di
Malang. Siswa yang difasilitasi pembelajaran berbasis proyek memiliki sikap
14,1% lebih tinggi dari siswa yang difasilitasi dengan pembelajaran konvensional.