SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KAJIAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 LAWANG TAHUN AJARAN 2011/2012 BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

Muhammad Ardian

Abstrak


ABSTRAK

Ardian, Muhammad. 2012. Kajian Perangkat Pembelajaran Guru Biologi Kelas X di SMA Negeri 1 Lawang Tahun Ajaran 2011/2012 Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Istamar Syamsuri, M.Pd, (II) Dra. Sunarmi, M.Pd.

 

Kata Kunci :  Perangkat Pembelajaran, guru Biologi SMA,  Kelas X, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Implementasi  KTSP sudah berlangsung dan berjalan hampir 5 tahun, namun masih saja banyak guru yang belum memahami KTSP sehingga apabila ditinjau dari keterlaksanaan kurikulum KTSP di sekolah masih perlu dilakukan evaluasi.  Salah satu cara untuk mengetahui pemahaman guru tentang KTSP dapat dilihat melalui perangkat pembelajaran yang disusun-nya. Perangkat pembelajaran yang disusun guru merupakan cerminan dari apa saja yang dipahami guru mengenai KTSP. Berdasarkan hasil wawancara guru Biologi SMA Negeri 1 Lawang dalam rangka implementasi KTSP, guru sudah mengem-bangkan KTSP dalam  bentuk perangkat pembelajaran, hanya saja perlu ditelaah apakah perangkat pembelajaran yang dibuat tersebut memang benar-benar telah mengacu pada standar yang ada pada KTSP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perangkat pembelajaran guru Biologi SMA Negeri 1 Lawang kelas X dengan standar yang diberikan KTSP.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pen-dekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Lawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan pengecekan kelengkapan dokumen. Subjek dalam penelitian ini  adalah dokumen perangkat pembelajaran kelas X yang dibuat oleh guru Biologi SMA Negeri 1 Lawang. Sampel yang digunakan adalah seluruh perangkat pembe-lajaran kelas X yang disusun oleh guru biologi SMA Negeri 1 Lawang atau yang terdokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rubrik Penilaian yang jenisnya disesuaikan dengan berbagai perangkat pembelajaran guru biologi. Analisis data berdasarkan Mukti (2006), yaitu dilakukan dengan menggunakan kriteria penilaian kesesuaian persentase hasil analisis .

Kesimpulan yang di dapat dari hasil penelitian ini adalah (1) Perangkat pembelajaran Kelas X yang dibuat oleh guru biologi antara lain kalender pendidikan, prota, promes, silabus, RPP, beberapa macam instrumen penilaian serta kisi-kisi soal UAS semester genap . (2) Hasil pengkajian dari perangkat pembelajaran kelas X yang dibuat oleh guru Biologi berdasarkan KTSP, untuk silabus, RPP, dan kisi-kisi soal masih tergolong baik, dan untuk remidial dan pengayaan tergolong cukup baik tetapi masih butuh perbaikan. Sedangkan Instrumen penilaian yang dibuat guru biologi antara lain Tes tulis (paper and pencil test), Pengamatan (observasi), Penugasan, Presentasi dan diskusi, serta Tes buatan siswa atau  Produk (hasil karya).