SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap kelengkapan social disclosure pada laporan tahunan perusahaan high profile yang terdaftar di BEI Periode 2006-2008

Sri Utami

Abstrak


ABSTRAK

 

Utami, Sri. 2010. Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap kelengkapan social disclosure pada laporan tahunan perusahaan high profile yang terdaftar di BEI Periode 2006-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E, M.Si, Ak (II) Diana Tien Irafahmi, S.pd, M. Ed.

 

Kata kunci: Net profit margin, size, umur perusahaan, leverage, kepemilikan manajemen, social disclosure.

Banyak peristiwa yang membuktikan bahwa aktivitas bisnis perusahaan menimbulkan masalah sosial bahkan mengakibatkan kerugian secara materil. Dalam kemajuan industri sekarang, tekanan masyarakat pada perusahaan agar memiliki kepedulian dan tanggung jawab sosial atas aktivitas bisnisnya sangat kuat. Hal ini yang mendasari perusahaan mengungkapkan informasi sosial pada laporan tahunannya. Selain itu terdapat beberapa karakteristik perusahaan yang mempengaruhi pengungkapan sosial. Diantaranya adalah rasio net profit margin, size, umur perusahaan, leverage dan kepemilikan manajemen. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh rasio net profit margin, size, umur perusahaan, leverage dan kepemilikan manajemen terhadap social disclosure pada laporan tahunan perusahaan high profile.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan high profile yang terdaftar di BEI periode 2006-2008 dengan jumlah 198 perusahaan. Dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebesar 44 perusahaan. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel net profit margin (X1) dan size (X2), mempunyai nilai thitung masing-masing (2,465; 4,974) dan ttabel 2,0154, sehingga thitung > ttabel. Dengan sig.t masing-masing (0,018; 0,000) lebih kecil dari nilai =α0,05. Sedangkan variabel umur perusahaan (X3), leverage (X4), dan kepemilikan manajemen (X5) mempunyai nilai thitung masing-masing (0,094; -1,620; 0,631) dan ttabel 2,0154, sehingga thitung < ttabel. Dengan sig.t masing-masing (0,926; 0,113; 0,532) lebih besar dari nilai =α0,05.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa net profit margin dan size berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan umur, leverage dan kepemilikan manajemen tidak berpengaruh terhadap social disclosure pada laporan tahunan perusahaan high profile. Saran yang diberikan untuk mengatasi keterbatasan penelitian ini adalah (1) Untuk mengurangi unsur subyektifitas pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan melakukan observasi langsung ke perusahaan-perusahaan yang bersangkutan; (2) Untuk kepentingan penelitian, perlu adanya penggolongan umur dan ukuran perusahaan oleh badan yang berwenang; (3) Belum adanya pedoman baku tentang perusahaan-perusahaan yang tergolong high profile, dapat menjadi pertimbangan bagi badan yang berwenang untuk menetapkan jenis perusahaan yang tergolong high profile.