SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KELENGKAPAN SOCIAL DISCLOSURE PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN HIGH PROFILE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2006-2008

sri utami

Abstrak


ABSTRAK

 

Utami, Sri. 2010. Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap kelengkapan social disclosure pada laporan tahunan perusahaan high profile yang terdaftar di BEI Periode 2006-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E, M.Si, Ak (II) Diana Tien Irafahmi, S.pd, M. Ed.

 

Kata kunci: Net profit margin, size, umur perusahaan, leverage, kepemilikan manajemen, social disclosure.

Banyak peristiwa yang membuktikan bahwa aktivitas bisnis perusahaan menimbulkan masalah sosial bahkan mengakibatkan kerugian secara materil. Dalam kemajuan industri sekarang, tekanan masyarakat pada perusahaan agar memiliki kepedulian dan tanggung jawab sosial atas aktivitas bisnisnya sangat kuat. Hal ini yang mendasari perusahaan mengungkapkan informasi sosial pada laporan tahunannya. Selain itu terdapat beberapa karakteristik perusahaan yang mempengaruhi pengungkapan sosial. Diantaranya adalah rasio net profit margin, size, umur perusahaan, leverage dan kepemilikan manajemen. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh rasio net profit margin, size, umur perusahaan, leverage dan kepemilikan manajemen terhadap social disclosure pada laporan tahunan perusahaan high profile.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan high profile yang terdaftar di BEI periode 2006-2008 dengan jumlah 198 perusahaan. Dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebesar 44 perusahaan. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel net profit margin (X1) dan size (X2), mempunyai nilai thitung masing-masing (2,465; 4,974) dan ttabel 2,0154, sehingga thitung > ttabel. Dengan sig.t masing-masing (0,018; 0,000) lebih kecil dari nilai =α0,05. Sedangkan variabel umur perusahaan (X3), leverage (X4), dan kepemilikan manajemen (X5) mempunyai nilai thitung masing-masing (0,094; -1,620; 0,631) dan ttabel 2,0154, sehingga thitung < ttabel. Dengan sig.t masing-masing (0,926; 0,113; 0,532) lebih besar dari nilai =α0,05.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa net profit margin dan size berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan umur, leverage dan kepemilikan manajemen tidak berpengaruh terhadap social disclosure pada laporan tahunan perusahaan high profile. Saran yang diberikan untuk mengatasi keterbatasan penelitian ini adalah (1) Untuk mengurangi unsur subyektifitas pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan melakukan observasi langsung ke perusahaan-perusahaan yang bersangkutan; (2) Untuk kepentingan penelitian, perlu adanya penggolongan umur dan ukuran perusahaan oleh badan yang berwenang; (3) Belum adanya pedoman baku tentang perusahaan-perusahaan yang tergolong high profile, dapat menjadi pertimbangan bagi badan yang berwenang untuk menetapkan jenis perusahaan yang tergolong high profile.

 

 

ABSTRAK

 

Utami, Sri. 2010. Influence Of Company Characteristics On The Comprehensiveness Of Social Disclosure On High Profile Companies Listed On The IDX In 2006-2008. Thesis (Undergraduate) Accounting Major, Faculty of Economics, State University of Malang. Advisors: (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E, M.Si, Ak (II) Diana Tien Irafahmi, S.pd, M. Ed.

 

Keywords: Net profit margin, size, firm age , leverage, management ownership, social disclosure.

Many events that prove that the company's business activities generate social problems and even result in material losses. In industrial progress now, the public pressure on companies to have concern and social responsibility towards the activities of its business is very strong. This is the underlying companies disclose social information in its annual report. In addition there are several characteristics that affect the company's social disclosure. Among them is the ratio of net profit margin, size, firm age, leverage and management ownership. So the purpose of this study was to describe the effect of the ratio of net profit margin, size, firm age, leverage and management ownership of social disclosure in annual reports of high profile companies.

The population in this study were high-profile companies listed on the IDX period 2006-2008 with a total 198 companies. With purposive sampling the sample obtained by 44 companies. While the methods of data analysis using multiple linear regression analysis.

Based on research result shows that the net profit margin variable (X1) and size (X2), has t-count respectively (2.465, 4.974) and 2.0154 t-table, so t-count> t-table. Whit sig.t respectively (0.018, 0.000) is smaller than the value 0.05. While the firm age variable (X3), leverage (X4), and property management (X5) has t-count respectively (0.094, -1.620, 0.631) and 2.0154 t-table, so t-count

It can be concluded that the net profit margin and size have positive and significant, whereas age, leverage and management ownership has no effect on social disclosure in annual reports of high profile companies. Advice given to overcome the limitations of this study were (1) To reduce the element of subjectivity in further research can be done by direct observation to the companies concerned, (2) For the purposes of research, the need for age and size classification of firms by the competent authority , (3) The absence of standard guidelines on companies that are categorized as high-profile, can be a consideration for local authorities to establish the type of companies that are categorized as high profile.