SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Sosial I SMA Negeri 2 Malang

Rafi Bayani Fabik

Abstrak


ABSTRAK

 

Fabik, Rafi Bayani. 2010. "Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Sosial I  SMA Negeri 2 Malang ". Skripsi, program studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E, M.Si., Ak. (2) Diana Tien Irafahmi, S.Pd, M.Ed.

 

Kata kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization), Motivasi, Prestasi belajar.

 

Pembelajaran kooperatif model TAI adalah bentuk pembelajaran kooperatif yang berarti siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen, dimana dalam tiap kelompok terdapat satu asisten (siswa yang kemampuan akademiknya lebih baik) yang membantu proses belajar kelompok. Motivasi belajar adalah suatu dorongan internal dan eksternal yang menyebabkan seseorang (individu) untuk bertindak atau berbuat mencapai tujuan, sehingga perubahan tingkah laku pada diri siswa diharapkan terjadi. Prestasi belajar adalah kemampuan kognitif siswa yang dicapai setelah penerapan pembelajaran kooperatif model TAI yang ditunjukkan oleh nilai-nilai tes yang diberikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Malang melalui pembelajaran kooperatif model TAI. (2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Malang melalui pembelajaran kooperatif model TAI. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan guru di kelas pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang dilakukan untuk memberikan sumbangan nyata bagi peningkatan profesionalisme guru.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari keempat indikator motivasi belajar (perhatian, keterkaitan, percaya diri dan kepuasan) yang diukur, diperoleh hasil bahwa semua indikator mengalami pergeseran dari kategori cukup baik menjadi baik dan yang baik menjadi sangat baik, tetapi indikator kepuasan mengalami pergeseran terbesar dibandingkan dengan indikator lainnya. Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan tersebut diukur dari tes akhir hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa. sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran TAI dapat meningkatkan prestasi belajar. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu:(1) Bagi guru, guru harus memahami langkah-langkah, syarat-syarat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembelajaran TAI. (2)Bagi siswa, siswa harus lebih menjaga kekompakan dan kerjasama dalam kelompok. (3) Bagi sekolah, media pembelajaran yang mendukung pembelajaran TAI disediakan untuk menunjang proses belajar.