SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN UNTUK RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) (Studi Kasus di SMPN 1 Pamekasan)

Siti Hosnul Hotimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hotimah, Siti Hosnul. 2010. Pengelolaan Dana Pendidikan Untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Pamekasan). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E. M.Si, Ak., (II) Triadi Agung Sudarto, S.E, M.Si, Ak.

 

Kata kunci: pengelolaan dana, dana pendidikan, rintisan sekolah bertarafinternasional.

 

Penyelenggaraan pendidikan bertaraf internasional sangat relevan dengan perkembangan kemajuan zaman di era globalisasi. Konsekuensi dari penyelengaraan pendidikan bertaraf internasional adalah pemenuhan standar pembiayaan yang cukup tinggi agar bisa memenuhi semua aspek pendidikan bertaraf internasional, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dana pendidikan untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Pamekasan yang meliputi penyusunan anggaran, pelaksanaan anggaran, serta pelaporan dan pertanggungjawaban anggaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Pemekasan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa wawancara dan data sekunder berupa dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terbuka dan teknik dokumentasi, Sedangkan teknik analisis data dimulai dari mereduksi data, menyajikan data dalam bentuk tabel dan narasi, serta menyimpulkan. Untuk memperoleh keabsahan data, dilakukan uji triangulasi sumber dan metode serta perpanjangan keikutsertaan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah sebagai berikut (1) Penyusunan anggaran dilakukan oleh tim penyusun anggaran, RAPBS di SMP Negeri 1 Pamekasan disusun berdasarkan Penjelasan dan Contoh Singkat Penyusunan RKAS akan tetapi terdapat kekurangan yaitu tidak mencantumkan perincian belanja sekolah. (2) pelaksanaan APBS di SMP Negeri 1 Pamekasan pada tahun ajaran 2007/2008 sudah cukup baik sebagian besar program yang direncanakan sudah berjalan, realisasi pendapatan jumlahnya tidak sesuai dengan RAPBS bahkan ada yang tidak terealisasi sedangkan belanja sekolah sudah sesuai dengan rencana belanja sekolah walaupun jumlah pengeluarannya tidak sama dan ada tambahan belanja untuk program kesiswaan yang sebelumnya tidak tercantum dalam APBS (3) SMP Negeri 1 Pamekasan membuat laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana untuk RSBI sesuai dengan buku Pedoman penyelenggaraan SMP-BI yaitu berupa Laporan realisasi anggaran dan laporan kas umum yang dimasukkan dalam satu laporan dengan laporan pelaksanaan program RSBI (4) Kendala yang dihadapi oleh SMP Negeri 1 Pamekasan dalam pengelolaan dana pendidikan untuk RSBI adalah pada tahap perencanaan yaitu kurangnya koordinasi dari pihak-pihak yang berkepentingan, adanya dana yang tidak terealisasi pada tahap pelaporan SMP Negeri 1 Pamekasan mengalami kesulitan untuk membuat laporan keuangan yang lengkap untuk sekolah sehingga sekolah hanya membuat laporan yang diminta oleh pemerintah. Sedangkan langkah pemecahannya adalah dengan memberikan undangan resmi pada semua pihak yang terlibat dalam rapat, dan memberikan teguran halus pada pihak yang melanggar. meningkatkan pendapatan dari usaha milik sekolah seperti koperasi dan kantin, dan menggunakan skala prioritas dalam pelaksanaan anggaran pengeluaran serta melakukan studi banding ke sekolah lain, dan pembagian tugas yang jelas.

Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pengelolaan dana di SMP Negeri 1 Pamekasan mulai dari perencanaan, pelasanaan dan pertanggungjawaban kurang sesuai dengan prosedur yang ada karena beberapa kendala yang membuat proses pengelolaan dana di SMP Negeri 1 Pamekasan kurang maksimal. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada penyelenggara sekolah agar dapat mengelola dana pendidikan di sekolah berpedoman pada peraturan yang telah ditetapkan, selain itu bagi peneliti lain agar dapat menambah teknik pengumpulan data yang lebih lengkap agar dapat meningkatkan keabsahan data.