SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN TEKNIKAL ANALISIS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JII (Jakarta Islamic Index) DI BEI (Bursa Efek Indonesia)

Pramudita Nur Rahma

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahma, Pramudita Nur. 2010. Penggunaan Teknikal Analisis Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam JII (Jakarta Islamic Index) di BEI (Bursa Efek Indonesia). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Prodi S1 Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak, (II) Dra. Tri Laksiani, S.E., M.M

 

Kata kunci: analisis teknikal, saham, investasi

 

            Analisis teknikal merupakan studi tentang informasi internal pasar saham untuk meramalkan harga saham dan memberikan rekomendasi mengenai saat yang tepat untuk membeli atau menjual saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku saham-saham yang terdaftar dalam index JII (Jakarta Islamic Index) dan memprediksi harga saham pada Januari 2010 dengan menganalisis fluktuasi harga saham selama periode tahun 2006-2009 dengan menggunakan analisis teknikal serta mengetahui keputusan investasi yang harus diambil terhadap prediksi harga di masa yang akan datang menggunakan indikator teknikal SMA (Simple Moving Average), RSI (Relative Strength Index), MACD (Moving Average Convergen Divergen), Stochastic Oscillator, ROC (Rate Of Change). Perilaku harga saham digambarkan dalam garis support, resistance dan trend harga saham.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan yang diambil dari semua saham dalam index JII yang terdaftar di BEI selama periode 2006-2009, kriteria pengambilan sampel sebagai berikut: (1) perusahaan yang sahamnya masuk dalam index JII selama periode tahun 2006-2009, dan (2) perusahaan yang sahamnya konsisten terdaftar dalam JII dan melakukan perdagangan saham selama tahun 2006-2009. Data yang digunakan adalah data saham high (tertinggi), low (terendah) dan close (penutupan) harian untuk mengetahui trend bullish atau trend bearish pada pergerakan harga saham.

            Hasil penelitian berdasarkan indikator teknikal SMA, RSI, MACD, Stochastic Oscillator dan ROC menunjukkan bahwa saham INCO, PTBA, TLKM, dan UNVR mengalami trend bearish dan diprediksi akan berlanjut sampai Januari 2010, sehingga investor dianjurkan untuk mengambil posisi jual. Sedangkan ANTM, BUMI, INTP dan KLBF mengalami trend bullish dan diprediksi akan berlanjut sampai Januari 2010, sehingga investor dianjurkan untuk mengambil posisi beli. Tetapi jika dibandingkan dengan pergerakan harga pada Januari 2010, hanya indikator RSI dan MACD yang paling sesuai untuk memprediksi harga saham di masa yang akan datang, karena hasil prediksi dari analisis memiliki kesamaan dengan harga saham pada Januari 2010.

            Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sejenis, disarankan untuk menggunakan indikator teknikal lainnya dalam menganalisis perilaku harga saham serta sampel yang diteliti menggunakan saham aktif dan sensitif terhadap kondisi makro baik ekonomi maupun politik.