SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Sektor Perbankan Umum Syariah Tahun 2004-2008

Mohammad Anas Prinanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Prinanto, Mohammad Anas. 2010. Analisis  Pengaruh  Rasio  Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba  Pada  Sektor  Perbankan  Umum Syariah  Tahun  2004-2008.  Skripsi,  Jurusan  Akuntansi  Program Studi    Akuntansi  Fakultas  Ekonomi  Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing:  (1)  Yuli  Widi  Astuti,  S.E,  M.Si,  Ak.  (2)  Dr.  Puji Handayati, S.E, M.M, Ak.

 

Kata Kunci : Rasio Keuangan, Pertumbuhan Laba.

 

Salah satu informasi terpenting dari kinerja keuangan bank termasuk bank syariah adalah kemampuan menghasilkan laba. Laba merupakan suatu pos dasar dan penting dalam laporan keuangan yang memiliki berbagai kegunaan dalam berbagai konteks. Laba pada umumnya dipandang sebagai suatu dasar bagi perpajakan, penentuan kebijakan pembayaran deviden, pedoman investasi dan pengambilan keputusan dan unsur prediksi kinerja perusahaan.  Analisis ini menggunakan rasio keuangan bank umum syariah. Beberapa indikator analisis yang digunakan adalah Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM), Kualitas Aktiva Produktif (KAP), NPF (Non Performing), Return on Asset (ROA), REO dan Short Term Mismatch (STM).

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh simultan dan parsial variabel KPMM (X1), KAP (X2), NPF (X3), ROA (X4), REO (X5), STM (X6) terhadap Pertumbuhan Laba (Y) pada perbankan umum syariah tahun 2004-2008. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan obyek perbankan umum syariah tahun 2004-2008 yang terdaftar di BI sebanyak 3 bank umum syariah. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Uji regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh antara variabel KPMM, Kualitas Aktiva Produktif (KAP), NPF (Non Performing), Return on Asset (ROA), Short Term Mismatch (STM) terhadap Pertumbuhan Laba.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) KPMM, KAP, NPF, ROA, REO,STM berpengaruh secara simultan terhadap Pertumbuhan Laba. (2) Dari variabel bebas tersebut, yang berpengaruh secara parsial terhadap pertumbuhan laba adalah KPMM, sedangkan KAP, NPF, ROA, REO, STM tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba.

Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah (1) Diharapkan manajemen bank memperhatikan semua rasio-rasio CAEL yang secara statistik memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan laba, sehingga manajemen bank dapat menjaga dan meningkatkan laba bank, mengingat secara simultan rasio CAEL (dalam hal ini KPMM, KAP, NPF, ROA, REO, STM dan MR) berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. (2) Diharapkan manajemen bank memperhatikan rasio KPMM bank, mengingat rasio ini memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan laba. Permodalan bank yang baik akan dapat meningkatkan kemampuan bank dalam menyalurkan dananya ke dalam pembiayaan, sehingga akan dapat meningkatkan pendapatan bank dari bagi hasil, selama pengawasan dan pengendalian atas pembiayaan yang dilakukan berjalan dengan baik