SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PERBEDAAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DAN RETURN SAHAM SEBELUM DAN SETELAH AKUISISI PERUSAHAAN YANG LISTING DI BEI 2005-2008

ROFIK MUNIROH

Abstrak


ABSTRAK

 

Muniroh, Rofik. 2010. Analisis Perbedaan Volume Perdagangan Saham dan  Return Saham Sebelum dan Setelah Akuisisi Perusahaan yang Listing Di BEI Tahun 2005-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Makaryanawati S.E., M.Si., Ak. (II) Dr. Dyah Ayu Wardhani., S.E., M.Si., AK.  

 

Kata kunci: akuisisi, volume perdagangan saham, return saham. 

 

Perusahaan dituntut untuk selalu mengembangkan strategi guna mempertahankan eksistensi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat bahkan untuk berkembang. Strategi perusahaan dalam hal ini melakukan ekspansi baik internal maupun eksternal. Ekspansi yang banyak dilakukan adalah dalam bentuk panggabungan usaha salah satunya yaitu akuisisi. Akuisisi adalah pengambilalihan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau asset suatu perusahaan oleh perusahaan lain, dan dalam peristiwa ini baik perusahaan pengakuisisi maupun yang diakuisisi tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah. Kegiatan akuisisi dilakukan dalam upaya untuk menghasilkan sinergi atau nilai tambah yang tidak mungkin dicapai bila perusahaan berdiri sendiri-sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan volume perdagangan saham dan return saham sebelum dan setelah akuisisi.

Penelitian ini menggunakan event study pada periode 1 Januari 2005 sampai dengan 31 Desember 2008. Berdasarkan teknik pengambilan sampel Purposive Judgement Sampling diperoleh 11 perusahaan acquirer yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Analisis data untuk uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Test. Analisis statistik yang digunakan untuk menghitung uji beda adalah statistik non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test dengan periode pengamatan 45 hari yaitu 22 hari sebelum, 1 hari saat terjadi  dan 22 hari setelah akuisisi untuk variabel volume perdagangan saham dan return saham.

Hasil penelitian variabel volume perdagangan saham menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah akuisisi. Hal tersebut mengindikasikan investor beranggapan bahwa akuisisi tidak memberikan nilai tambah atau sinergi bagi perusahaan. Faktor yang diduga menjadi penyebab hasil tersebut adalah adanya peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi kondisi pasar modal seperti naiknya harga minyak dunia dan krisis global, serta periode pengamatan yang kurang panjang yaitu 22 hari sebelum dan 22 hari setelah akuisisi menyebabkan hasil sinergi belum kelihatan. Variabel return saham menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah akuisisi, berarti akuisisi memiliki kandungan informasi dan diperolehnya abnormal return yang positif menunjukkan tambahan kemakmuran pemegang saham.

Peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan sampel yang lebih besar dan membedakan jenis akuisisi serta menggunakan periode yang lebih panjang agar diperoleh hasil yang lebih baik.