SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH EPS, ROI, ROE, DAN HARGA SAHAM MASA LALU TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2006-2008

Dwi Rohanita Estu Mahanani

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahanani, Dwi Rohanita Estu. 2010. "Pengaruh EPS, ROI, ROE, Dan Harga Saham Masa Lalu Terhadap Harga Saham Perusahaan Food and Beverages Yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2008". Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) DR. Dyah Aju Wardhani (2) Dra. Endang Sri Andayani, M.Si. Ak.

 

Kata Kunci : Earning per Share (EPS), Return On Investment (ROT), Return On Equity (ROE), Harga Saham Masa Lalu.

 

Tujuan investor berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham adalah untuk menerima deviden dalam investasi jangka panjang dan capital gain. Investor mengharapkan return yang optimal dari investasinya. Informasi kinerja keuangan perusahaan yang tercermin dalam Analisis Laporan Keuangan perusahaan diharapkan dapat mendukung proses pengambilan keputusan investasi di pasar modal.

Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah apakah EPS, ROI, ROE Dan Harga Saham Masa Lalu terhadap harga saham perusahaan Food and Beverages Yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh EPS, ROI ROE Dan Harga Saham Masa Lalu terhadap harga saham pada perusahaan Food and Beverages Yang Listing di Bursa Efek Indonesia.

Metode yang digunakan untuk menganalisis dan mengevaluasi saham adalah analisis EPS, ROI, ROE, Dan Harga Saham Masa Lalu. Analisis yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh EPS, ROI, ROE, Dan Harga Saham Masa Lalu terhadap harga saham adalah analisis Regresi Berganda dengan bantuan program komputer SPSS (Package for Social Sciences) versi 13.0 for windows.

Hasil dari analisis data yang telah diolah menunjukkan bahwa secara partial variabel Earning per Share (EPS) dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 dan harga saham masa lalu dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel. Return On investment (ROI), Return On Equity (ROE), tidak berpengaruh terhadap harga saham (Y). Secara simultan ternyata didapat nilai signifikansi sebesar 0,000. Ini berarti 0,000 < 0,05 yang artinya variabel EPS, ROI, ROE, harga saham masa lalu, mempunyai pengaruh terhadap harga saham (Y). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "EPS, ROI, ROE, harga saham masa lalu, berpengaruh secara simultan terhadap harga saham" diterima.

Peneihian selanjutnya disarankan kepada pihak yang mengukur kinerja keuangan sebagai dasar analisis pengaruh terhadap harga saham agar lebih memperhatikan faktor eksternal yang lebih dominan daripada faktor internal perusahaan, selain itu faktor lain seperti peristiwa ekonomi-politik juga akan berpengaruh terhadap harga saham.